KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR URUSAN SIM SATLANTAS POLWILTABES SURABAYA

FARA DEVI INDAH PERMATASARI, 079916150 (2006) KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR URUSAN SIM SATLANTAS POLWILTABES SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
38. Abstrak Fis AN 10-06 Per k.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-permatasar-1490-fisan1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam era otonomi daerah, pelayanan publik adalah masalah yang harus diperhatikan. Sejak digulirkannya kebijakan desentralisasi, maka pemerintah daerah dengan organisasi publik pemberi pelayanan publik berkewajiban untuk memberikan pelayanan yang prima. Seiring dengan besarnya tuntutan akan penerapan good governance, tuntutan akan pelayanan publik yang berkualitas juga menjadi semakin besar. Pemerintah merespon tuntutan ini dengan menetapkan tahun 2004 sebagai tahun peningkatan pelayanan publik. Pemerintah juga telah mengeluarkan berbagai kebijakan dalam rangka peningkatan pelayanan, seperti misalnya pelayanan prima, dan standar pelayanan minimal. Akan tetapi perbaikan kualitas masih belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Oleh karena itu studi untuk mengetahui kualitas pelayanan yang ada dalam masyarakat penting untuk dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kantor Urusan SIM Satlantas Polwiltabes Surabaya dengan melihat masyarakat yang meminta pelayanan setiap tahunnya mencapai 20.000 orang pertahun. Banyaknya masyarakat yang meminta pelayanan harus diimbangi dengan peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif, dimana peneliti ingin mengungkapkan mengenai kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kantor Urusan SIM Satlantas Polwiltabes Surabaya dalam pelayanan surat ijin mengemudi (SIM). Sumber data dalam penelitian ini adalah jawaban informan atas pertanyaan dari pedoman wawancara dan data tambahan dokumen yang mendukung. Triangulasi teori yaitu dengan membandingkan teori yang digunakan dalam penelitian dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kantor Urusan SIM Satlantas Polwiltabes Surabaya belum optimal. Belum optimalnya pelayanan yang diberikan oleh Kantor Urusan SIM Satlantas Polwiltabes Surabaya dikarenakan pemohon SIM yang menggunakan jasa calo akan mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dan lebih baik daripada yang mengurus sendiri. Adanya praktek percaloan di dalam pelayanan SIM mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kantor Urusan SIM Satlantas Polwiltabes Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN 10/06 Per k
Uncontrolled Keywords: CIVIL SERVICE; MUNICIPAL SERVICES
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FARA DEVI INDAH PERMATASARI, 079916150UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorGitadi Tegas Supramudyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 24 Jul 2006 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 22:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18087
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item