HUBUNGAN ANTARA FALSAFAH HIDUP ETNIS CINA DENGAN SIKAP TERHADAP AKTIVITAS EKONOMI - POLITIK DITINJAU DARI ETOS KERJA

Gonny Tarbuko Wicaksono, 079514983 (2001) HUBUNGAN ANTARA FALSAFAH HIDUP ETNIS CINA DENGAN SIKAP TERHADAP AKTIVITAS EKONOMI - POLITIK DITINJAU DARI ETOS KERJA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-wicaksonog-3030-fisp13-k.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-wicaksonog-3030-fisp13-..pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Alam Indonesia memiliki beragam etnis dan budaya, baik etnis negeri sendiri/ asli pribumi ataupun etnis dari luar negeri (keturunan/ peranakan), seperti; etnis Arab, etnis Amerika, etnis Cina, dan sebagainya. Walaupun terdapat beberapa macam etnis luar negeri di Indonesia, tetapi keberadaan etnis Cina selalu mendapat sorotan yang berbeda dibandingkan etnis lainnya. Hal ini antara lain disebabkan keberhasilan etnis Cina dalam hal perekonomian dan anggapan bahwa etnis Cina kurang dalam mempedulikan masyarakat disekitarnya terutama komunitas diluar etnisnya. Penelitian ini ingin mengetahui gambaran tentang keberhasilan etnis Cina dalam bidang kehidupan, khususnya perekonomian, serta melihat sikap etnis Cina terhadap aktivitas aktivitas ekonomi politik yang terjadi dengan sudut pandang etos kerja. Sebab etos kerja ditengarai salah satu kunci keberhasilan etnis Cina untuk tetap eksis dalam dunia ekonomi dan bisnis saat ini. Etos kerja tersebut dilandasi falsafah hidup, yang didalamnya terdapat; ajaran Konfusianisme, Taoisme, Budhisme dan startegi-strategi Cina kuno. Dengan pengaruh falsafah hidup terhadap etos kerja, dan etos kerja mempengaruhi sikap terhadap aktivitas ekonomi politik maka didapatkan suatu kesimpulan bahwa dalam studi kasus penelitian ini, di PT.PANVERTA CAKRAKENCANA dapat digambarkan bahwa dari etos kerja yang dimiliki oleh etnis Cina tersebut ternyata dapat memunculkan sikap yang berbeda-beda, khususnya sikap terhadap aktivitas ekonomi¬ politik. Sikap terhadap aktivitas ekonomi-politik pada etnis Cina di PT. PANVERTA CAKRAKENCANA, memiliki kecenderungan bersikap perhatian baik secara pasif ataupun aktif dengan presentase 93%, dan sisanya menunjukkan sikap tidak perhatian. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa etnis Gina juga memiliki sikap perhatian terhadap lingkungan masyarakat sekitarnya, khususnya dalam hal aktivitas ekonomi¬politik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 13/06 Wic h
Uncontrolled Keywords: ETHINIC RELATIONS; WORK ETHIC
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1518-1697 Individual Ethics, Character, Virtue (including practical and applied ethics, conduct of life, success)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Gonny Tarbuko Wicaksono, 079514983UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSutrisno, Drs., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 28 Nov 2006 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 02:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18093
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item