PEMBICARAAN TOPIK-TOPIK MELALUI SHORT MESSAGING SERVICE (SMS) ANTARA MAHASISWA PEREMPUAN YANG BERADA PADA MASA KETERASINGAN SOSIAL DENGAN SAHABAT PEREMPUANNYA

DINAR PRIMASTI, 070216739 (2007) PEMBICARAAN TOPIK-TOPIK MELALUI SHORT MESSAGING SERVICE (SMS) ANTARA MAHASISWA PEREMPUAN YANG BERADA PADA MASA KETERASINGAN SOSIAL DENGAN SAHABAT PEREMPUANNYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2007-primastidi-4747-fisk17-k.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-primastidi-4747-fisk17-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persahabatan yang tumbuh dan dibangun oleh mahasiswa perempuan pada masa dewasa dini memiliki karakteristik berbeda dari masa remaja maupun masa dewasa lanjut, salah satunya karena faktor keterasingan sosial yang dialami oleh perempuan pada masa itu. Masa keterasingan sosial tersebut – antara lain karena faktor jarak, perbedaan aktivitas, komitmen, dan tanggung jawab akan mempengaruhi cara berkomunikasi maupun topik yang dikomunikasikan. Perkembangan teknologi komunikasi menyebabkan mahasiswa perempuan dapat menggunakan media Short Messaging Service (SMS) yang praktis dan efisien dalam berkomunikasi dengan sahabat perempuannya. Berdasarkan hal-¬hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembicaraan topik-topik melalui SMS antara mahasiswa perempuan yang berada pada masa keterasingan sosial dengan sahabat perempuannya. Tinjauan pustaka antara lain mengenai pesan teks dalam perkembangan dan penggunaan di masyarakat, mengapa manusia berkomunikasi, hubungan persahabatan dalam komunikasi interpersonal, kualitas hubungan antara dua orang dalam komunikasi interpersonal, dan masa dewasa dini sebagai masa keterasingan sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Sasaran penelitian adalah mahasiswa perempuan usia 18-22 tahun yang sedang berada pada masa keterasingan sosial dengan sahabatnya, dan menggunakan media SMS untuk berkomunikasi dengan sahabatnya tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, sehingga unit analisanya adalah narasi-narasi hasil wawancara dengan informan. Hasil penelitian menunjukkan pembicaraan topik dalam Short Messaging Service antara mahasiswa perempuan yang berada pada masa keterasingan sosial dengan sahabat perempuannya memiliki bermacam-macam bentuk, frekuensi, panjang, isi, waktu pengiriman, dan gaya bahasa. Masing –masing informan dan pasangan sahabatnya memiliki kebiasaan berbeda dalam berbicara melalui SMS, tergantung sejauh mana hubungan persahabatan tersebut terjalin dan karakter personal dari masing¬-masing individu yang menjalani hubungan persahabatan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 17/07 Pri p
Uncontrolled Keywords: INTERPERSONAL COMMUNICATION IN ADOLESCENCE
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
DINAR PRIMASTI, 070216739UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Moerdijati, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 14 Jun 2007 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 19:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18115
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item