IDEOLOGI PATRIARKI DALAM TEKS BUKU PELAJARAN SEKOLAH DASAR : STUDI SEMIOTIKA IDEOLOGI PATRIARKI PADA TEKS BUKU PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BAGI SEKOLAH DASAR TERBITAN PT. ERLANGGA

PUTRI AISYIYAH RACHMA DEWI, 070216689 (2007) IDEOLOGI PATRIARKI DALAM TEKS BUKU PELAJARAN SEKOLAH DASAR : STUDI SEMIOTIKA IDEOLOGI PATRIARKI PADA TEKS BUKU PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BAGI SEKOLAH DASAR TERBITAN PT. ERLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2007-dewiputria-5610-fisk27-k.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-dewiputria-5610-fisk27-7(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Buku pelajaran adalah salah satu jenis media yang digunakan sebagai saluran transmisi nilai-nilai yang ada dalam masyarakat. Dalam masyarakat patriarkal, tentu nilai-nilai yang dimaksud adalah nilai-nilai patriarki, yang meletakkan posisi laki-laki lebih tinggi daripada perempuan dalam hirarki masyarakat. Oleh sebab itu, materi-materi yang ada dalam buku pelajaran, baik yang berupa teks naratif maupun teks gambar juga tidak terbebas dari nilai-nilai tersebut Dalam pandangan semiotika, teks adalah sebuah tanda, yang terdiri dari penanda dan petanda. Penanda adalah apa yang tertulis dalam buku, dan petanda adalah konsep yang dimiliki oleh pembaca teks akan sekumpulan penanda yang ia baca. Pada pemaknaan level pertama atau denotatif, penanda dan petanda tersebut akan terjadi pemaknaan linier. Dan, tanda pada level pertama menjadi sebuah penanda baru bagi system yang lebih besar, yaitu mitos. Mitos adalah pemaknaan level kedua, dimana sebuah "teks" memiliki serangkaian petanda atau konsep. Pada pemaknaan level kedua inilah, ideologi patriarki ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa ideologi patriarki muncul atau terdapat pada teks-teks buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar, dan kemunculannya membaur dengan tema pokok yang diangkat sesuai dengan jenjang kelas. Di kelas satu (Identitas diri dan keluarga), akan terbaca bagaimana ideologi patriarki membentuk identitas-identitas laki-laki sebagai ayah, atau perempuan sebagai ibu, dan juga identitas anak laki-laki dan anak perempuan. Pada buku kelas dua (kedudukan dan peran anggota keluarga), ideologi patriarki juga tampak pada pengaturan peran laki dan perempuan dalam keluarga serta tugas-tugas pokok mereka berkaitan dnegan peran yang disandang. Buku kelas tiga (Pengenalan jenis jenis pekerjaan), bahwa dalam memilih pekerjaan pun, masyarakat patriarkal telah menyiapkan apa yang disebut sebagai "pekerjaan feminin" dan "pekerjaan maskulin". Oleh sebab itu, dalam melakukan pembacaan buku pelajaran, terutama bagi para pendidik (baik guru disekolah, orang tua yang mendampingi anaknya belajar dirumah, atau guru-guru les) hendaknya tidak menyampaikan materi yang ada dalam buku pelajaran kepada para anak didiknya tanpa disertai dengan kekritisan dalam memaknai teks yang ada. Karena, apa yang dipelajari oleh anak akan membentuk karakter mereka dimasa mendatang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 27/07 Dew i
Uncontrolled Keywords: PATRIARCHY; SEMIOTICS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL70-71 Sacred Books (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
PUTRI AISYIYAH RACHMA DEWI, 070216689UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYayan Sakti Suryandaru, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 11 Dec 2007 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 20:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18131
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item