PENGUKURAN KINERJA BERDASARKAN PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD : Studi Deskriptif Tentang Pengukuran Kinerja Berdasarkan Perspektif Balanced Scorecard di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Mojokerto

DUDUNG LUPITO, 070316905 (2007) PENGUKURAN KINERJA BERDASARKAN PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD : Studi Deskriptif Tentang Pengukuran Kinerja Berdasarkan Perspektif Balanced Scorecard di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Mojokerto. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2007-lupitodudu-5612-fisan2-k.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-lupitodudu-5612-fisan2-7(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Balanced scorecard (BSC) adalah sebuah alat pengukuran kinerja yang menyeluruh, saat pertama kali diperkenalkan BSC ini digunakan sebagai alat pengukuran kinerja perusahaan sektor bisnis. Namun, seiring perkembanganya BSC juga dapat digunakan dalam pengukuran kinerja perusahaan sektor publik.PDAM adalah merupakan salah satu BUMD yang bergerak disektor publik, dalam kinerjanya disamping memperhatikan kualitas pelayanannya kepada publik, PDAM juga harus memperhatikan kinerja keuangannya agar tetap bisa eksis. Dalam penelitian ini mencoba mengukur kinerja PDAM Kabupaten Mojokerto melalui perspektif BSC. BSC adalah merupakan sebuah alat pengukuran kinerja secara menyeluruh oleh karena itu dalam penelitian ini mencoba menggunakan perspektif BSC sebagai indikator pengukurannya . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, selanjutnya untuk mentrianggulasi data peneliti menggunakan matrik Performance and Importance dan penggunaan AHP, Kemudian dari hasil pengukuran kinerja dirumuskan suatu strategi berdasarkan SWOT (Strength,Weakness, Opportun ity,Threat). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kinerja PDAM Kabupaten Mojokerto belum maksimal hal itu dapat dilihat dari hasil pengukuran dalam empat perspektif BSC. akan tetapi penempatan perspektif pelanggan sebagai prioritas dalam strategi PDAM sudah sesuai dengan fungsi PDAM sebagai organisasi pelayanan publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN 22/07 Lup p
Uncontrolled Keywords: EMPLOYEE-RATING; STRATEGY PANNING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6350-6940.7 Trade unions. Labor unions. Workers' associations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
DUDUNG LUPITO, 070316905UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas S, Drs., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 11 Dec 2007 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 20:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18132
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item