KEHIDUPAN PEMUKIM DI PASAR : STUDI DESKRIPTIF TENTANG KONDISI EKONOMI DAN KEGIATAN EKONOMI PEMUKIMAN YANG TINGGAL DAN MENETAP DI PASAR KEPUTRAN UTARA SURABAYA

ELIS, 070216776 (2007) KEHIDUPAN PEMUKIM DI PASAR : STUDI DESKRIPTIF TENTANG KONDISI EKONOMI DAN KEGIATAN EKONOMI PEMUKIMAN YANG TINGGAL DAN MENETAP DI PASAR KEPUTRAN UTARA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2007-elis-5659-fiss28-k.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-elis-5659-fiss28-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberadaan pasar tradisional sangat dibutuhkan di dalam masyarakat, sebab dari pasar tradisional inilah masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari mereka. Namun di dalam perkembangannya pasar-pasar tradisional saat ini telah banyak mengalami perubahan khususnya di dalam peranannya sebagai pranata ekonomi. Perubahan-perubahan tersebut tampak dari munculnya lahan-lahan pasar yang tidak didayagunakan secara semestinya untuk kegiatan perdagangan, namun justru dimanfaatkan oleh para pemiliknya untuk akses tempat tinggal. Keberadaan para pemukim yang tinggal dan menetap di lahan-lahan pasar ini pada dasarnya dapat menimbulkan dampak terhadap eksistensi pasar tradisional itu sendiri, di mana peranannya tidak lagi hanya untuk memenuhi fungsi ekonomi masyarakat saja, namun juga sebagai fungsi sosial dalam memberikan celah bagi sebagian golongan masyarakat untuk memperoleh lahan tinggal.Berangkat dari masalah ini, maka peneliti ingin melihat bagaimana gambaran dari kehidupan pemukim yang tinggal dan menetap di dalam kawasan pasar tradisional, khususnya di dalam menyoroti masalah ekonomi mereka yakni bagaimana kondisi ekonomi serta kegiatan ekonomi apa saja yang mereka jalankan. Dalam penelitian ini digunakan beberapa teori yang dapat menjelaskan masalah di atas antara lain : Teori Marginalitas, Teori Kemiskinan dan Budaya Kemiskinan, Teori Struktur Ekonomi Masyarakat, serta Teori Mekanisme Survival. Lokasi penelitian ini adalah pasar Keputran Utara yang dipandang cukup representatif di Surabaya. Di samping itu penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Di samping itu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengumpulkan data-data baik data primer dan sekunder. Sedangkan untuk teknik analisa data menggunakan teknik analisa data kuantitatif yang disajikan dalam bentuk tabel frekuensi yang dianalisis secara teoritis tanpa menggunakan uji statistik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 28/07
Uncontrolled Keywords: MARKETS; WORK ETHICS; SOCIAL, CONDITIONS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ELIS, 070216776UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKarnaji, S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 17 Dec 2007 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 22:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18137
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item