POLA PERILAKU PENEMUAN INFORMASI (INFORMATION SEEKING BEHAVIOUR) MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA (Studi Deskriptif tentang Perbedaan Pola Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa dalam Proses Penulisan Skripsi antara Mahasiswa FISIP dan Mahasiswa Farmasi di

Agus Santoso, 070517846 (2008) POLA PERILAKU PENEMUAN INFORMASI (INFORMATION SEEKING BEHAVIOUR) MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA (Studi Deskriptif tentang Perbedaan Pola Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa dalam Proses Penulisan Skripsi antara Mahasiswa FISIP dan Mahasiswa Farmasi di. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-santosoagu-10492-fisiip-k.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-santosoagu-9810-fisiip-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ajian di bidang perilaku penemuan informasi (information seeking behaviour) telah banyak dilakukan oleh para ilmuwan terdahulu. Sebagian besar penelitian tersebut dilakukan pada sejumlah populasi yang berbeda karakteristiknya satu sama lain. Sehingga penelitian di bidang perilaku penemuan informasi tersebut menghasilkan berbagai model atau pola. Model atau pola perilaku penemuan informasi yang dihasilkan biasanya akan menjadi landasan bagi penelitian selanjutnya. Pada dasarnya model perilaku penemuan informasi yang dihasilkan oleh beberapa peneliti hanya berlaku pada populasi yang menjadi obyek penelitian. Hal ini menyebabkan hasil penelitian tersebut tidak dapat diberlakukan kepada semua orang, kecuali telah melalui penelitian lanjutan. Hal inilah yang menjadi alasan bagi para peneliti di bidang perilaku penemuan informasi melakukan berbagai penelitian pada obyek yang berbeda-beda dan memiliki karakteristik tertentu. Penelitian yang mengkaji perilaku penemuan informasi kalangan akademisi telah banyak dilakukan. Oleh sebab itu dalam penelitian ini ingin dikaji lebih lanjut perilaku penemuan informasi mahasiswa yang sedang dalam proses penulisan skripsi. Hal ini dikarenakan mahasiswa yang sedang dalam proses penulisan skripsi akan berusaha untuk mendapatkan informasi untuk memenuhi kebutuhan informasinya yang terkait dengan skripsi. Lebih lanjut lagi penelitian ini juga ingin membandingkan perilaku penemuan informasi mahasiswa yang sedang dalam proses penulisan skripsi antara mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (mahasiswa non eksak) dengan mahasiswa Fakultas Farmasi (mahasiswa eksak) Univeritas Airlangga Surabaya. Model perilaku penemuan informasi yang menjadi rujukan dalam penelitian ini antara lain model sense making Dervin, model information seeking behaviour Ellis, model Kulthau, model information seeking behaviour Meho dan Tibbo, model perilaku informasi mahasiswa milik Qureshi, Nicholas, dan model perilaku penemuan informasi yang lainnya yang memberikan gambaran sumber dan saluran informasi yang dapat digunakan dan faktor-faktor yang berpengaruh pada perilaku penemuan informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis IIP 04/09 San p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; SOCIAL CHANGE
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Agus Santoso, 070517846UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahma Sugihartati, DraUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 17 Jun 2009 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 08:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18153
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item