POLA PELAYANAN KESEHATAN BAGI PENGGUNA KARTU ASKESKIN: Studi Deskriptif Mengenai Akses Pengguna Kartu Askeskin Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Kecamatan Semampir Kelurahan Wonokusumo Surabaya

RENY KUSUMA WARDHANI, 070517727 (2008) POLA PELAYANAN KESEHATAN BAGI PENGGUNA KARTU ASKESKIN: Studi Deskriptif Mengenai Akses Pengguna Kartu Askeskin Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Kecamatan Semampir Kelurahan Wonokusumo Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-wardhanire-10561-abstrak-0.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-wardhanire-10761-fiss58-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan kesehatan sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena hal tersebut merupakan suatu kebutuhan yang penting bagi masyarakat. Pengadaan program pelayanan kesehatan oleh pemerintah kepada masyarakat miskin atau yang lebih dikenal dengan Askeskin dimaksudkan untuk dapat memabntu mereka mendapatkan pelayanan kesehatan yang terjangkau. Pada penelitian skripsi ini peneliti mencoba merumuskan masalah yang berkaitan dengan akses pelayanan kesehatan dengan menggunakan kartu Askeskin. Selain itu peneliti merumuskan berbagai kendala yang dialami oleh para pengguna kartu Askeskisn. Rumusan tersebut diatas dikaji oleh peneliti dengan menggunakan teori konflik Dahrendroff yang didukung dengan teori mengenai sosiologi kesehatan lainnya. Dimaksudkan dengan menggunakan teori tersebut, peneliti juga melihat pelaynan kesehatan dari segi ke,kuasaan sehingga hal tersebut dapat menimbulkan konflik yang menyulitkan dalam hal pelayanan kesehatan. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Semampir Kelurahan Wonokusumo, Surabaya Utara. Pene,litian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik penganbilan sampel systematic random sampling dimana sampel pertama saja yang diambil secara acak, sedangkan sampel berikutnya ditentukan dengan pola tertentu yang menggunakan interval dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Pelayanan kesehatan yang diberikan melalui program Askeskin memang mempunyai banyak kekurangan. Hasil dilapangan yang ditemukan oleh peneliti ialah kurangnya pelayanan yang memadai yang diberikan kepada para pengguna kartu Askeskin. Kurangnya pelayanan tersebut meliputi sikap petugas yang tidak ramah, fasilitas yang diberikan tidak memadai sehingga menimbulkan keresahan-keresahan yang mengakibatkan sikap antipati terhadap program Askeskin tersebut. Dan juga kesulitan untuk mengakses pelaynan kesehatan tersebut. Namun, program ini masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat miskin untuk membantu mereka dalam hal kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S.58/10 War p
Uncontrolled Keywords: Masyarakat miskin, pelayanan kesehatan, Askeskin
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA771-771.7 Rural health and hygiene. Rural health services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
RENY KUSUMA WARDHANI, 070517727UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSepti Ariadi, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 01 Jun 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 05:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18158
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item