PENGARUH SHARIA MARKETING COMPLIANCE TERHADAP ISTIQAMAH DAN QONA�AH NASABAH BANK BRI SYARIAH DAN BNI SYARIAH DI SURABAYA

DEWI KUSUMAWARDANI, 040811620 (2013) PENGARUH SHARIA MARKETING COMPLIANCE TERHADAP ISTIQAMAH DAN QONA�AH NASABAH BANK BRI SYARIAH DAN BNI SYARIAH DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-kusumaward-26593-6.abstr-k.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sharia marketing compliance yang dilihat dari 7P aspek bauran pemasaran jasa secara syariah terhadap sikap Istiqomah dan sifat qona’ah nasabah dua bank umum syariah (BUS) terkemuka yaitu bank BRI Syariah cabang Gubeng Surabaya dan bank BNI syariah cabang syariah Dharmawangsa Surabaya. Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam pengambilan data primer dan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis jalur. Sampel penelitian adalah 30 orang yang telah menjadi nasabah selama 1 tahun, terdiri dari 15 nasabah BRI Syariah dan 15 nasabah BNI Syariah Surabaya. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling karena mengutamakan tercapainya tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek sharia marketing compliance dalam perbankan syariah yang meliputi kegiatan bauran pemasaran jasa berpengaruh secara signifikan terhadap istiqomah nasabah, sharia marketing compliance tidak berpengaruh secara signifikan terhadap qona’ah nasabah, dan istiqomah berpengaruh secara signifikan terhadap qona’ah nasabah BUS di Surabaya. Pihak pemasar diharapkan melakukan seluruh tahapan pemasaran yang lebih jujur dan transparan ketika berhadapan dengan nasabah supaya dapat meningkatkan aspek sharia marketing compliance BUS tersebut. Untuk penelitian selanjutnya, dapat dilakukan dengan memisahkan atau melihat perbedaan antar nasabah BUS (BRI Syariah) dengan nasabah BUS lainnya (BNI Syariah) sehingga bisa diketahui perbedaan pengaruh langsung dan tidak langsung antara nasabah BRIS dan BNIS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI.10/13 Kus p
Uncontrolled Keywords: SHARIA MARKETING COMPLIANCE
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334 Economic aspects. Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsEmail
DEWI KUSUMAWARDANI, 040811620UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRirin Tri Ratnasari, SE, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 15 Aug 2013 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 04:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1816
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item