BANTUAN PENDIDIKAN AUSTRALIA KEPADA INDONESIA PERIODE 2005-2007

ARIFIN MULTAZAM, - (2010) BANTUAN PENDIDIKAN AUSTRALIA KEPADA INDONESIA PERIODE 2005-2007. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-multazamar-9353-fishi6-k.pdf

Download (74kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hubungan awal Australia dengan Indonesia sempat mengalami fase pasang surut, karena perbedaan dalam hal kebudayaan, perspektif politik, tingkat dan tingkat pertumbuhan ekonomi. Namun, seiring dengan berubahnya kondisi politik internasional, memaksa keduanya untuk lebih melakukan interaksi yang lebih efektif daripada pertentangan yang saling merugikan satu sama lain. Dalam penelitian ini dijelaskan pada awal tahun 2005 merupakan masa keemasan hubungan Australia dengan Indonesia. Hal tersebut ditandai dengan peningkatan berbagai bentuk kerjasama yang terjadi di antara keduanya, baik secara bilateral maupun regional. Kerjasama yang difokuskan dalam penelitian ini adalah di bidang pendidikan. Melalui berbagai kerjasama tersebut, Australia dan Indonesia saling berinteraksi yang pada akhirnya menunjukkan adanya mutual dependence di antara keduanya. Berdasarkan hal-hal tersebut penulis berupaya meneliti apa saja yang menjadi kepentingan Australia memberikan bantuan pendidikan kepada Indonesia. Dalam penelitian ini, terdapat sebuah analisis kepentingan Australia dibalik pemberian bantuan pendidikan serta kerjasama yang terjalin dengan Indonesia dalam kurun waktu 2005 hingga 2007. Penulis menggunakan beberapa konsep dan teori dalam penelitian ini, meliputi teori interaksi yang menjelaskan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Australia yang seringkali mengalami perubahan; teori kepentingan nasional, yang digunakan untuk mencari lebih dalam kepentingan Australia di Indonesia; teori bantuan luar negeri, yang menjelaskan tentang motivasi dan maksud dari pemberian bantuan; dan teori diplomasi, yang menjadi alat Australia untuk berinteraksi dengan Indonesia. Penelitian ini bersifat deskriptif, karena penulis mencoba mendeskripsikan kepentingan Australia dalam pemberian bantuan pendidikan kepada Indonesia melalui pemahaman terhadap data-data hubungan awal Australia dengan Indonesia beserta data-data yang berisi tentang berbagai kerjasama dan bantuan pendidikan Australia-Indonesia hingga akhir tahun 2007. Berdasarkan telaah terhadap teori dan konsep beserta data-data, ditemukan beberapa kepentingan yang hendak dicapai Australia di Indonesia. Penulis menjelaskannya melalui tiga bidang, yaitu ekonomi, politik dan keamanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis HI 66 08 Mul b
Uncontrolled Keywords: bantuan pendidikan, kerjasama, kepentingan Australia
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change > JZ5514-5526 Societies, associations, academies, institutes, etc., for peace promotion, research and education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
ARIFIN MULTAZAM, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorVinsensio Dugis, Ph. DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 01 Jun 2010 12:00
Last Modified: 29 Jun 2016 02:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18163
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item