STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA OLEH SOEKARWO-SYAIFULLAH YUSUF . (KARSA) SEBAGAI CALON DALAM PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL . GUBERNUR JAWA TIMUR 2008

Vita Davina, 070216758 (2008) STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA OLEH SOEKARWO-SYAIFULLAH YUSUF . (KARSA) SEBAGAI CALON DALAM PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL . GUBERNUR JAWA TIMUR 2008. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-vitadavina-12048-abstrak-9.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-vitadavina-10788-fisp16-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Penggunaan Media Oleh Soekarwo-Syaifullah Yusuf (Karsa) Sebagai Calon Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2008, yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pengaruh media dalam politik, terutama dalam konteks politik daerah (provinsi), serta untuk memahami dinamikan komunikasi politik suatu masyarakat dan bagaimana alat-alat komunikasi dan media informasi dapar digunakan untuk pembangunan politik di suatu daerah. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik wawancara secara terbuka dan data yang diperoleh akan diinterpretasikan menggunakan kerangka teori yang relevan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : pertama, secara marketing politik yang menyertakan unsur entertainment kedua pasangan ini tidak hanya berhasil memupuk citra diri, tapi juga berhasil merumuskan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan pasar ( market-oriented). Yang kedua, konsep marketing yang dilakukan oleh Karsa berhasil merumuskan berbagai propaganda yang mampu meyakinkan masyarakat Jatim. Propaganda tersebut terepresentasikan dalam jargon “APBD untuk rakyat”. Dalam jargon ini unsur yang terkandung adalah plain-folks, yaitu mengatasnamakan rakyat untuk memperoleh dukungan dan bandwagon technique, yakni membesar-besarkan cerita kesuksesan untuk menarik simpati masyarakat. Propaganda ini cukup koheren dan komprehensif secara content sehingga berhasil menyedot perhatian masyarakat dan membuat ruang diskusi publik. Yang ketiga, penggunaan media elektronik, cetak, dan outdoor, untuk media kamanye, terbukti efektif untuk memupuk dukungan masyarakat walaupun menyedot anggaran yang cukup besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 16 09 Dav s
Uncontrolled Keywords: Media
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Vita Davina, 070216758UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPriyatmoko, Drs., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 04 Jun 2010 12:00
Last Modified: 29 Sep 2016 14:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18174
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item