HUBUNGAN PERILAKU PENONTON FILM DENGAN PERILAKU MEMBACA BACAAN

Pramono Adi Sudargo, 070417477 (2008) HUBUNGAN PERILAKU PENONTON FILM DENGAN PERILAKU MEMBACA BACAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-sudargopra-12102-fisiip-k.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-sudargopra-10802-fisiip-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku membaca anak saat ini terutama di Indonesia tergolong rendah. Hal itu dapat dibuktikan dari beberapa data yang menunjukkan bahwa perilaku membaca anak di Indonesia termasuk dalam peringkat bawah. Banyak faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya perilaku membaca, salah satunya adalah pengaruh televisi. Pengaruh televisi disini tergantung dari program acara yang ditayangkan di televisi diantaranya acara-acara film. Televisi dalam hal ini hanyalah sebagai media untuk menonton film baik film yang ditayangkan melalui televisi parabola, televisi swasta, dan melalui VCD/DVD. Film yang dimaksudkan disini adalah film yang ada bukunya, dapat dicontohkan seperti buku komik dan novel. Dari yang telah dijelaskan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku menonton film dengan perilaku membaca bacaan mengenai film yang ditayangkan melalui media televisi pada remaja SMA di Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah eksplanatif survai dengan sampel 100 orang. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMA di Surabaya. Pemilihan lokasi penelitian menggunakan multistage random sampling, dimana terpilih empat lokasi penelitian yaitu SMAN 6 Surabaya, SMAN 5 Surabaya, SMAN 7 Surabaya, SMA SAPTA MARGA Surabaya. Dari lokasi penelitian yang terpilih digunakan sampel proporsional untuk menentukan jumlah sampel dari tiap-tiap lokasi penelitian. Dengan menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman dan uji t untuk mengetahui basil penelitian, dan basil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan perilaku menonton film dengan perilaku membaca bacaan mengenai film yang ditayangkan melalui media televisi pada remaja SMA di Surabaya. Sehingga panting bagi orang tua, pendidik, pustakawan, pembuat film untuk memanfaatkan media televisi sebagai sarana menumbuhkan perilaku gemar membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 01 09 Sud h
Uncontrolled Keywords: PERILAKU MENONTON FILM, PERILAKU MEMBACA, FILM, BACAAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) > LB1049.9-1050.75 Reading (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Pramono Adi Sudargo, 070417477UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahma Sugihartati, DraUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 08 Jun 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 05:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18177
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item