IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN RUMAH SUSUN (Studi Deskriptif tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Kebijakan Pengelolaan Rumah Susun yang dilakukan oleh Badan Pengelolaan Tanah dan Bangunan di Rumah Susun Penjaringan Sari Surabaya)

Rakhmat Cahyadi, 070417269 (2008) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN RUMAH SUSUN (Studi Deskriptif tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Kebijakan Pengelolaan Rumah Susun yang dilakukan oleh Badan Pengelolaan Tanah dan Bangunan di Rumah Susun Penjaringan Sari Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-cahyadirak-12232-fisan1-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2010-cahyadirak-11363-fisan1-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertumbuhan penduduk di Surabaya terjadi secara alami dan juga ada pertambahan penduduk dari luar. Pertambahan penduduk dari luar seringkali menciptakan kawasan kumuh perkotaan dikarenakan ketidakmampuan mereka memiliki hunian yang layak. Selain itu pertambahan penduduk juga menimbulkan masalah terbatasnya lahan untuk memenuhi kebutuhan akan perumahan yang layak dan terjangkau. Rumah susun menjadi solusi dalam mengatasi kebutuhan penduduk akan perumahan sekaligus juga mengurangi kawasan kumuh di perkotaan. Kebijakan pengelolaan rumah susun dikeluarkan Pemerintah untuk menjaga fungsi rumah susun sebagai hunian yang sehat, aman, harmonis dan berkelanjutan, dimana Badan Pengelolaan Tanah dan Bangunan sebagai pihak pelaksana, namun Rumah Susun Penjaringan Sari yang menjadi lokasi penelitian ini dalam perkembangannya mengarah ke kondisi kumuh dan fungsi rumah susun tersebut tidak dapat terjaga. Untuk itu penelitian ini berusaha mendeskripsikan implementasi kebijakan pengelolaan rumah susun yang dilakukan BPTB dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi, dengan teknik penentuan informan secara purposive dengan teknik snowball. Proses analisis data dilakukan dengan mengelompokkan serta mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Dari hasil penelitian pengelolaan yang dilakukan BPTB belum terlaksana dengan baik dimana proses pengelolaan terdiri dari pendaftaran, pembinaan, pendatan dan penarikan sewa, selain itu hanya faktor disposisi pelaksana dan dukungan kelompok sasaran yang mendukung implementasi kebijakan dengan baik, sedangkan faktor sumberdaya, komunikasi, dan struktur birokrasi belum sepenuhnya mendukung pengelolaan rumah susun dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. AN. 11/09 Cah i
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pengelolaan; Rumah Susun
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
T Technology > TH Building construction > TH1-9745 Building construction
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rakhmat Cahyadi, 070417269UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRoestoto Hartojo Putro, Drs., S.UUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 26 Aug 2010 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 07:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18194
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item