GAYA KEPEMIMPINAN CAMAT BERLATAR BELAKANG PESANTREN DALAM MENYELENGGARAKAN PEMERINTAH (STUDI DESKRIPTIF GAYA KEPEMIMPINAN CAMAT DIWEK KAB. JOMBANG)

Nuning Rodiyati, - (2009) GAYA KEPEMIMPINAN CAMAT BERLATAR BELAKANG PESANTREN DALAM MENYELENGGARAKAN PEMERINTAH (STUDI DESKRIPTIF GAYA KEPEMIMPINAN CAMAT DIWEK KAB. JOMBANG). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-rodiyatinu-13098-fisan1-k.pdf

Download (355kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian mengenai gaya kepemimpinan ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek penelitian camat Diwek yang berlatar belakang pesantren. Data yang diambil merupakan pengakuan camat melalui wawancara dan juga dari pendapat para staf yang intens berhubungan dengannya. Dari kedua pendapat tersebut kemudian dikonfirmasikan. Variabel dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan, yang di dalamnya tercakup peran dan model pengambilan keputusan berkaitan dengan gaya kepemimpinan yang diterapkan. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu dengan penafsiran data dengan masalah yang ada untuk mendapatkan kesimpulan sementara yang dipakai landasan untuk mengumpulkan data selanjutnya. Analisis data tidak hanya dilakukan saat penelitian, akan tetapi juga pada saat data dikumpulkan di lapangan, sehingga terdapat kesinambungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan camat Diwek yang berlatar belakang pesantren adalah bahwa tanggung jawab keberhasilan organisasi dipikul bersama, sehingga gaya kepemimpinan camat tersebut merupakan gaya kepemimpinan demokratis yang dibuktikan juga dengan persepsi stafnya yang menunjukkan kepemimpinan dengan ciri mementingkan musyawarah dalam mengambil keputusan. Jika dilihat dari teori Reddin, maka gaya camat dapat digolongkan dalam gaya efektif, yaitu gaya Eksekutif Sedangkan dalam pengambilan keputusan cenderung menggunakan model partisipatif, yakni dengan selalu melibatkan staf dalam merumuskan dan mengaplikasikan program kerjanya. Dilihat dari teori Tannembaum, maka model pengambilan keputusan camat ini adalah model no. 5, dimana otoritas pemimpin dipergunakan sedikit mungkin, sebaliknya kebebasan bawahan dalam berpartisipasi membuat keputusan sudah banyak dipergunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN 13/ 09 Rod g
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Camat, Pesantren
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3289-3367 Organs of government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
Nuning Rodiyati, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRochyati Wahyuni Triana, Dra., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 26 Aug 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 05:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18195
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item