PERAN PEMERINTAH KOTA SURABAYA DALAM IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Deskriptif Peran Pemerintah Kota Surabaya dalam Perjanjian Kerjasama dengan PT. Telkom DIVRE V tentang Corporate Social Responsibility)

Setio Notonegoro, 070216666 (2008) PERAN PEMERINTAH KOTA SURABAYA DALAM IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Deskriptif Peran Pemerintah Kota Surabaya dalam Perjanjian Kerjasama dengan PT. Telkom DIVRE V tentang Corporate Social Responsibility). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-notonegoro-12284-fisan1-t.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2010-notonegoro-11365-fisan1-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) muncul dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kelangsungan hidup perusahaan di masa yang akan datang. Di Kota Surabaya sendiri telah banyak perusahaan yang mengimplementasikan CSR dengan berbagai wujud. Sebagai kota dagang dan jasa, Kota Surabaya mempunyai potensi yang besar dalam mendukung berbagai Perusahaan termasuk PT. TELKOM DIVRE V untuk mengimplementasikan CSR. Berbagai dukungan dibutuhkan perusahaan dalam mengimplementasikan CSR, termasuk berupa komitmen yang dilaksanakan melalui Perjanjian Kerjasama. Penelitian ini ingin melihat Bagaimana peran pemerintah Kota Surabaya dalam implementasi Corporate Socsial Responsibility, dan secara rinci juga ingin melihat bagaimana Implementasi Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kota Surabaya dengan PT. TELKOM DIVRE V tentang Corporate Social Responsibility. Dalam membantu menjawab permasalahan penelitian tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan data yang diambil melalui wawancara yang mendalam, observasi serta dokumentasi. Informan ditentukan melaui purposive sampling meliputi informan di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya, Masyarakat Pengamat CSR, dan PT. Telkom Divre V selaku perusahaan PT. TELKOM DIVRE V yang menerapkan CSR melalui Perjanjian Kerjasama. Analisis data dilakukan dengan menguji, mengkategorikan serta mengombinasikan kembali bukti – bukti yang didapatkan untuk merujuk pada pijakan awal penelitian, sedangkan keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Kesimpulan yang didapat yaitu pemerintah sudah cukup aktif dalam menstimulus PT. TELKOM DIVRE V dalam menerapkan CSR, Namun pasif dalam membuat Perjanjian Kerjasama tentang CSR. Selain itu kerjasama yang dilakukan masih mengacu pada kepentingan jangka pendek dan belum sepenuhnya saling menguntungkan. Sehingga penerapan CSR selama ini yang dilakukan belum berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. AN. 14/09 Not p
Uncontrolled Keywords: Peran, Pemerintah, Implementasi, Perjanjian
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8111-8123 Government policy. State supervision
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Setio Notonegoro, 070216666UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas S, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 26 Aug 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 05:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18196
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item