KINERJA INSTALASI RAWAT JALAN (IRJ) RSU HAJI SURABAYA

Ferdinand Markus, 070116407 (2008) KINERJA INSTALASI RAWAT JALAN (IRJ) RSU HAJI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
80. Abstrak Fis AN 18-09 Mar k.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2010-markusferd-11366-fisan1-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indikator keberhasilan merupakan alat ukur yang harus dievaluasi secara periodik berkesinambungan yang selanjutnya dijadikan bahan untuk mengendalikan arah dan mutu pelayanan kesehatan agar visi yang telah ditetapkan benar-benar dapat diwujudkan. Pengukuran kinerja merupakan cara untuk melihat indikator keberhasilan bagi sebuah perusahaan. Selama ini pengukuran kinerja secara tradisional hanya menitikberatkan pada sisi keuangan. Pengukuran kinerja yang hanya berdasarkan kinerja keuangan memiliki kelemahan, yaitu ketidakmampuannya mengukur kinerja harta tak berwujud dan harta-harta intelektual organisasi. Untuk mengatasi kekurangan ini, maka diciptakan suatu metode pendekatan Balanced Scorecard yang mengukur kinerja perusahaan dengan mempertimbangkan 4 aspek yaitu aspek keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta proses belajar dan berkembang. Penulis tertarik untuk meneliti kinerja organisasi dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard dan juga bagaimana pelayanan publik Rawat Jalan RSU Haji Surabaya. Peneliti membagi dalam dua variabel yaitu kinerja organisasi dan pelayanan publik. Penelitian ini merupakan tipe penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, berbagai situasi atau berbagai variabel yang timbul di masyarakat yang menjadi obyek penelitian tersebut. Dalam penelitian ini teknik pemilihan informan yang digunakan penulis adalah purposive sampling dan accindental sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan sekunder. Dan untuk memeriksa keabsahan data dalam penelitian ini yang digunakan adalah triangulasi sumber data, yaitu memeriksa kembali derajat suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja Rawat Jalan dalam usaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada pasien sudah cukup baik yang didukung oleh berbagai pelatihan untuk kualitas pelayanan, meskipun ada beberapa faktor yang menghambat kinerja diantaranya kedisiplinan waktu pegawai yang kurang dan prosedur pelayanan yang rumit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. AN. 18/09 Mar k
Uncontrolled Keywords: kinerja organisasi, balanced scorecard, pelayanan kesehatan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
Ferdinand Markus, 070116407UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDidid Soepoyo,, Drs., Ec., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 26 Aug 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 05:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18197
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item