EFEKTIFITAS KERJASAMA SISTER CITY SURABAYA DENGAN BUSAN DAN SURABAYA DENGAN KOCHI DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Rio Rakhmat Bramantio, 070417527 (2008) EFEKTIFITAS KERJASAMA SISTER CITY SURABAYA DENGAN BUSAN DAN SURABAYA DENGAN KOCHI DALAM BIDANG PENDIDIKAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-bramantior-12147-fishi0-k.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (Full text)
gdlhub-gdl-s1-2010-bramantior-11375-fishi0-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Judul penelitian ini adalah efektifitas kerjasama sister city Surabaya dengan Busan dan Surabaya dengan Kochi dalam bidang pendidikan. Kerjasama sister city bidang pendidikan antara Surabaya dengan Busan dan Kochi ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya tingkat pendidikan dan kualitas sumber daya manusia dan juga sebagai implementasi dari asas desentralisasi yang menghasilkan Undang-Undang otonomi daerah. Selain dalam bidang pendidikan Surabaya juga menjalin berbagai kerjasama sister city dengan Busan dalam bidang lain seperti pengembangan pelabuhan, perdagangan, pengembangan ekonomi, kebudayaan, lingkungan hidup, pengelolaan kota, transportasi dan pariwisata. Sedangkan kerjasama sister city dengan Kochi juga disepakati berbagai bidang lain seperti ekonomi, perdagangan, industri, pariwisata. Penelitian ini dimulai dari, kapan kegiatan sister city dalam bidang pendidikan antara Surabaya dengan Busan dan Kochi dimulai. Kemudian sejauh mana kerjasama tersebut memberikan efektifitas atau hasil bagi masyarakat Surabaya. Untuk mengukur efektifitas peneliti membagi menjadi 3 tingkatan. Pertama, hanya sebatas pelaksanaan atau operasionalisasi program. Kedua, pelaksanaan program dan memberikan hasil sesuai dengan tujuan dalam kesepakatan MoU. Ketiga, pelaksanaan program, memberikan hasil kemudian menghasilkan kerjasama dalam bidang lainnya. Dengan menggunakan tingkat analisis domestik, teori interaksi dan beberapa konsep kerjasama sister city maka akan dibuktikan argumentasi bahwa kerjasama sister city dalam bidang pendidikan antara Surabaya dengan Busan hanya sebatas pelaksanaan program saja sedangkan kerjasama sister city dalam bidang pendidikan antara Surabaya dengan Kochi sampai pada pelaksanaan dan memberikan hasil bagi masyarakat Surabaya sesuai dengan tujuan dalam kesepakatan MoU. Pada akhir penelitian ini, dengan penggunaan tingkat analisis, teori dan konsep, yang dianalisis berdasarkan program-program dan kegiatan-kegiatan pendidikan yang berlangsung, ternyata menghasilkan jawaban bahwa kerjasama sister city dalam bidang pendidikan Surabaya dengan Busan memang hanya sebatas pelaksanaan program sedangkan kerjasama sister city dalam bidang pendidikan antara Surabaya dengan Kochi sampai pada pelaksanaan hingga memberikan hasil bagi masyarakat Surabaya sesuai dengan tujuan dalam kesepakatan MoU.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. HI. 08/09 Bra e
Uncontrolled Keywords: Surabaya, Busan, Kochi, sister city, pendidikan.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K524-525 Treaties and other international agreements
L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
Rio Rakhmat Bramantio, 070417527UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorJoko Susanto, S.IP., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 27 Aug 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 05:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18206
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item