Strategi Public Relations PT. Semen Gresik (Persero) Tbk dalam melaksanakan Program Bina Lingkungan sebagai bentuk CSR perusahaan pada periode tahun 2007

Erisa DwiRahmawati, 070417441 (2008) Strategi Public Relations PT. Semen Gresik (Persero) Tbk dalam melaksanakan Program Bina Lingkungan sebagai bentuk CSR perusahaan pada periode tahun 2007. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-rahmawatie-12260-fisk96-t.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-rahmawatie-11388-fisk96-s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus tentang strategi Public Relations perusahaan dalam konteks kegiatannya menjalankan program CSR (Corporate Social Responsibility). Penelitian dilakukan pada PT Semen Gresik (Persero)Tbk pada program Bina Lingkungan di Gresik. Hal ini didasari dengan pertimbangan bahwa program CSR yang biasanya ditangani oleh Humas perusahaan ternyata dikerjakan oleh bagian lain yaitu BLUK (Bina Lingkungan dan Usaha Kecil) namun masih dalam divisi yang sama yaitu divisi Komunikasi, dan Humas berperan sebagai bagian publikasi. Selain itu perusahaan ini berhasil meraih beberapa penghargaan di bidang CSR. Keberhasilan program ini akan mempengaruhi perusahaan baik dari segi lingkungan alam maupun masyarakat karena berhubungan langsung dengan stakeholders perusahaan. Dengan mengetahui strategi yang digunakan maka akan diketahui kunci dari suatu program, sehingga strategi Public Relations secara umum dalam pelaksanaan program Bina Lingkungan PT Semen Gresik (Persero) Tbk sebagai bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan di Gresik periode tahun 2007 dapat diketahui lebih jelas. Tinjauan pustaka yang digunakan pada penelitian tentang Public Relations yaitu konsep Public Relations sebagai salah satu kajian ilmu komunikasi, Public Relations dalam perusahaan, Strategi Public Relations Perusahaan. Sedangkan dalam konteks CSR didasarkan pada CSR sebagai program penting dalam perusahaan beserta dengan strateginya, dan program Bina Lingkungan sebagai implementasi CSR. Penelitian ini dilakukan dengan memakai pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Informan penelitian terdiri staff bagian Humas perusahaan dan staff bagian BLUK (Bina Lingkungan dan Usaha Kecil). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi. Sedangkan dalam pengolahan dan analisis data, peneliti memulai dengan merumuskan gagasan berdasarkan data-data awal dan mereview data yang telah terkumpul, kemudian peneliti akan menganalisis narasi-narasi yang telah diolah menjadi transkrip dengan mengelompokkannya menjadi beberapa sub-sub topik agar memudahkan dalam menganalisis data. Dari hasil temuan, analisis dan interpretasi data terlihat bahwa program yang berbasis CSR pada perusahaan ini dilakukan oleh divisi komunikasi perusahaan, dimana ada dua bagian yang lebih fokes menangani yaitu BLUK dan Humas. BLUK berperan sebagai konseptor program juga sebagai pelaksana dan pengawas kemudian untuk strateginya meliputi perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Sedangkan Humas berperan sebagai komunikator pada media massa dan masyarakat baik untuk internal maupun eksternal. Strategi Public Relations (Humas) dalam program Bina Lingkungan ini meliputi beberapa proses yaitu scanning lingkungan, perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Strategi yang diterapkan untuk program Bina Lingkungan tersebut dinilai berjalan efektif dan efisien. Hal ini terlihat dengan adanya hubungan antara perusahaan dan masyarakat cukup baik, dengan minimnya pertentangan dan demonstrasi serta terjaganya asset yang dimiliki perusahaan dan lancarnya aktivitas perusahaan. Jika ditinjau dari segi efisiensi, program CSR yang telah dilakukan ini dirasa cukup efisien. Pihak perusahaan tidak mengalami banyak kendala. Hal ini dikarenakan tiap-tiap bagian memiliki pandangan yang sama untuk mewujudkan visi yang sama dan juga BLUK dan Humas memiliki anggaran sendiri-sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 96/08 Rah s
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Strategi, CSR(Corporate Social Responsibility)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Erisa DwiRahmawati, 070417441UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSanti Isnaini, S.Sos., M.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 30 Aug 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 05:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18219
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item