Strategi Penyelesaian Konflik Pada Pasangan Suami Istri Tentang Pendidikan Informal Anak Usia 1-5 Tahun

Ina Saraswati, 070316894 (2008) Strategi Penyelesaian Konflik Pada Pasangan Suami Istri Tentang Pendidikan Informal Anak Usia 1-5 Tahun. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-saraswatii-12060-fisk22-k.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-saraswatii-11392-fisk22-s.pdf

Download (598kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keluarga merupakan tempat pertama yang dapat memberikan pendidikan disiplin, sopan santun, sikap baik dan sifat-sifat baik terutama oleh orang tua atau pasangan suami istri. Dalam proses ini tidak jarang mereka memiliki konflik karena adanya perbedaan penerapan atau beda pengalaman yang ada. Komunikasi dalam penyelesaian konflik bervariatif dari masing-masing suami-istri bergantung dengan latar belakangnya sehingga rumusan masalah dari penelitian ini mengangkat bagaimana strategi penyelesaian konflik pada pasangan suami istri tentang pendidikan informal anak dalam usia 1-2 dan 3-5 tahun. Tinjauan pustaka penelitian meliputi keluarga dan komunikasi, konflik pada pasangan suami-istri, strategi penyelesaian konflik, komunikasi dalam strategi penyelesaian konflik dan pendidikan informal dalam keluarga. Metode penelitian kualitatif, tipe penelitian deskriptif. Sasaran penelitian pasangan suami istri yang memiliki anak usia 1-5 tahun. Teknik pengumpulan datanya wawancara mendalam (depth interview). Hasil penelitian menunjukkan konflik yang muncul adalah adanya perbedaan penerapan disiplin antara suami-istri, perbedaan latar belakang keluarga dimana memberikan perbedaan budaya pada suami-istri, adanya orang ketiga atau keluarga yang ikut berperan serta dalam keseharian anak, dan perbedaan cara mengajari anak dalam keseharian. Strategi yang digunakan oleh pasangan yang berkonflik tentang pendidikan anak adalah strategi pengelolaan konflik yang tidak produktif dan strategi pengelolaan konflik yang produktif. Strategi penyelesaian konflik yang tidak produktif digunakan oleh pasangan suami istri yang memiliki seorang putri dengan karakter istri yang keras. Sedangkan strategi penyelesaian konflik yang produktif digunakan oleh pasangan suami istri yang mengalami konflik disiplin waktu belajar anak, pasangan suami istri dengan usia pernikahan 18 tahun, dan pada pasangan suami istri yang hidp berdampingan dengan orang tua atau mertua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 22/09 Sar s
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian konflik; Suami Istri; Pendidikan informal
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1101-1139 Child study
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Ina Saraswati, 070316894UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Moerdijati, Dra., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 31 Aug 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 05:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18223
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item