OPINI PEMIRSA TERHADAP DUBBING DALAM PROGRAM ACARA FILM ASING SUROBOYOAN DI JTV (Studi Deskriptif tentang Opini Pemirsa JTV di Surabaya terhadap Dubbing dalam Program Acara Film Asing Suroboyoan di JTV)

Citra Mayang Andini, 070317066 (2008) OPINI PEMIRSA TERHADAP DUBBING DALAM PROGRAM ACARA FILM ASING SUROBOYOAN DI JTV (Studi Deskriptif tentang Opini Pemirsa JTV di Surabaya terhadap Dubbing dalam Program Acara Film Asing Suroboyoan di JTV). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-andinicitr-12061-fisk24-k.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-andinicitr-11395-fisk24-o.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah mengenai opini pemirsa terhadap dubbing dalam program acara Film Asing Suroboyoan yang tayang di stasiun televisi regional JTV. Sebagai stasiun televisi regional di Jawa Timur, JTV berusaha merebut perhatian para pemirsanya dengan berkomitmen untuk konsisten mengakomodasi bahasa-bahasa lokal, salah satunya adalah bahasa atau dialek Suroboyoan. Setelah muncul dengan program acara berita kontroversial, Pojok Kampung, JTV pun berinovasi dengan memproduksi program acara hiburan bertajuk Film Asing Suroboyoan. Seperti namanya, program acara ini mengetengahkan film-film asing atau luar negeri yang di-dubbing atau disulihsuarakan ke dalam bahasa Suroboyoan. Hal ini baru pertama kali dilakukan dalam sejarah pertelevisian, sebab biasanya dubbing atau subtitling dilakukan dalam bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui opini pemirsa di Surabaya terhadap program acara Film Asing Suroboyoan di JTV. Sebagai penelitian kuantitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan metode survey dan instrumen kuisioner dalam pengumpulan datanya. Kerangka teori yang digunakan antara lain, Teori SOR (Stimulus – Organisme – Respon), Teori Kategori Sosial, dan Opini sebagai efek dari proses komunikasi. Responden dalam penelitian ini adalah individu yang berdomisili di Surabaya, mengerti basa atau dialek Suroboyoan, berusia 18 – 59 tahun, dan pernah menyaksikan program acara Film Asing Suroboyoan. Melalui analisis dan interpretasi data, diketahui bahwa pemirsa di Surabaya cenderung memiliki opini yang favourable terhadap program acara Film Asing Suroboyoan. Selain itu, responden juga memilki kecenderungan opini yang berbeda-beda berdasarkan identitas karakteristik personal dan kebiasaannya menonton Film Asing Suroboyoan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pihak JTV selaku produsen acara untuk memperbaiki tayangannya, khususnya Film Asing Suroboyoan. Diantaranya dengan cara menjaga konsistensi jam tayang, lebih memperhatikan pemilihan film dan pemilihan kata dalam basa Suroboyoan agar tidak terkesan kasar dan mudah dimengerti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 24/09 And o
Uncontrolled Keywords: Opini, Pemirsa, Bahasa lokal, TV.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Citra Mayang Andini, 070317066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSiti Sutarsih Andarini, Dra., SUUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 31 Aug 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 05:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18226
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item