HUBUNGAN SOSIAL WANITA BEKERJA (STUDI INTERAKSI SOSIAL DIPERPUSTAKAAN UBAYA)

Evi Maya Sabatini, 070517722 (2009) HUBUNGAN SOSIAL WANITA BEKERJA (STUDI INTERAKSI SOSIAL DIPERPUSTAKAAN UBAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-sabatiniev-13421-fisiip-k.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-sabatiniev-11588-fisiip-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap adanya pernyataan bahwa perpustakaan merupakan lahan kerja untuk wanita. Dari sekian jumlah perbandingan dengan tenaga pustakawan pria, jumlah tenaga pustakawan wanita lebih banyak daripada jumlah tenaga pustakawan pria. Berangkat dari fenomena tersebut, penulis kemudian mencoba untuk mencari gambaran lebih dalam tentang kerja sama, persaingan, kompetisi dan konflik di kalangan wanita yang bekerja di perpustakaan. Ada 2 hal yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu, pertama, tentang makna hubungan sosial wanita yang bekerja di Perpustakaan Ubaya, kedua, gambaran mengenai kerja sama, persaingan/kompetisi serta gambaran mengenai pertikaian. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah interaksi sosial, gender serta sedikit tentang teori dramartugi. Tipe penelitian ini adalah deskriptif. Lokasi penelitian di tentukan di Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya yang mana jumlah pegawai wanitanya lebih sedikit dibandingkan pegawai prianya. Informan yang di ambil adalah 5 pegawai wanita yang bekerja di perpustakaan Ubaya. Masing-masing informan dalam penelitian ini memiliki latar belakang pendidikan yang berbedabenda, serta memaknai hubungan sosial yang berbeda pula. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja sama, persaingan/kompetisi, dan pertikaian dimaknai berbeda-beda oleh informan. Persaingan atau kompetisi yang digambarkan dalam penelitian ini adalah persaingan dalam hal prestasi di tempat kerja, tetapi merupakan persaingan yang bersifat sehat. Dalam persaingan prestasi yang dilakukan oleh pegawai wanita yang menjadi informan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan diri dengan kemampuan masing-masing yang dimiliki. Sedangkan kerja sama selalu dilakukan oleh informan karena informan percaya mereka tidak akan dapat bekerja jika mereka tanpa melakukan kerja sama dengan rekan kerjanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 06/10 Sab h
Uncontrolled Keywords: interaksi sosial, wanita, perpustakaan
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Evi Maya Sabatini, 070517722UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTri Susantari, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 27 Sep 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 06:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18235
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item