PERSEPSI PENGELOLA PERPUSTAKAAN TERHADAP PROFESI PUSTAKAWAN (STUDI DESKRIPTIF PADA PENGELOLA PERPUSTAKAAN KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KABUPATEN GRESIK)

Waheda Apriliana, 070730612 (2009) PERSEPSI PENGELOLA PERPUSTAKAAN TERHADAP PROFESI PUSTAKAWAN (STUDI DESKRIPTIF PADA PENGELOLA PERPUSTAKAAN KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KABUPATEN GRESIK). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-aprilianaw-13424-fisiip-k.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-aprilianaw-11593-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Profesi pustakawan kerap menimbulkan sikap pro dan kontra, kurang dikenal masyarakat dan kadang dianggap aneh. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, maka peran pustakawan pada sebuah perpustakaan sebagai media penyampai informasi dapat dengan menggunakan berbagai program kemasan informasi dengan aneka penyajian. Dalam dunia belajar mengajar atau pendidikan dan pengajaran, peran perpustakaan masih menjadi kebutuhan pokok bagi para pendidik dan peneliti. Hal ini dikarenakan tidak semua informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan mudah. Pada peran inilah (media informasi) pustakawan dibutuhkan agar informasi sampai kepada pemakai. Aneka kemasan informasi diolah oleh pustakawan sehingga siap untuk dimanfaatkan. Tidak dapat dipungkiri sehingga peran seorang pustakawan menjadi tolok ukur apakah informasi yang disampaikan bermanfaat atau tidak, sesuaikah dengan kebutuhan para pengguna atau pengunjung perpustakaan. Penelitian ini mengungkap bagaimana persepsi pengelola perpustakaan terhadap profesi pustakawan kantor perpustakaan dan arsip kabupaten Gresik, faktor-faktor apa yang mempengaruhi persepsi pengelola perpustakaan terhadap profesi pustakawan di kantor perpustakaan dan arsip Kabupaten Gresik, dan bagaimana mengembangkan persepsi pengelola perpustakaan terhadap profesi pustakawan di kantor perpustakaan dan arsip Kabupaten Gresik. Pada penelitian ini pula diungkap bahwa persepsi pengelola perpustakaan di era sekarang ini dibutuhkan pustakawan harus inovatif dalam meraih kesempatan dalam mempergunakan ilmu pengetahuan dan informasi untuk memberikan manfaat pada organisasinya. Tetapi pengelola perpustakaan masih menganggap bahwa orang yang sudah lama mengabdi di perpustakaan bisa diakatakan sebagai profesi pustakwan. Dalam pengembangan persepsi pengelola perpustakaan terhadap profesi pustakawan, diperlukan hal-hal yang dilakukan seperti bekerja sesuai dengan fungsi, visi dan misi, kemampuan dan keahlian dalam mengelola sumber informasi maupun bahan pustaka, serta komunikasi yang efektif dengan pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK_2 Fis IIP 09/10 Apr p
Uncontrolled Keywords: perception; The Library; Professional librarian
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Waheda Apriliana, 070730612UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 27 Sep 2010 12:00
Last Modified: 29 Sep 2016 14:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18238
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item