PERILAKU INFORMASI PADA MAHASISWA (STUDI DESKRIPTIF MENGENAI KEBUTUHAN INFORMASI DAN POLA PENCARIAN INFORMASI (SEEKING INFORMATION BEHAVIOR) PADA MAHASISWA ENGLISH CLASS DAN KELAS REGULER DEPARTEMEN AKUTANSI UNAIR)

Venty Zuhdiyah, 070730617 (2009) PERILAKU INFORMASI PADA MAHASISWA (STUDI DESKRIPTIF MENGENAI KEBUTUHAN INFORMASI DAN POLA PENCARIAN INFORMASI (SEEKING INFORMATION BEHAVIOR) PADA MAHASISWA ENGLISH CLASS DAN KELAS REGULER DEPARTEMEN AKUTANSI UNAIR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-zuhdiyahve-13429-fisiip-k.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (Full text)
gdlhub-gdl-s1-2010-zuhdiyahve-11601-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku penemuan informasi merupakan teori modern yang baru ditemukan pada tahun 1948 berada pada cakupan disiplin ilmu informasi dan perpustakaan. Teori ini berkembang menjadi sebuah teori model perilaku informasi manusia dan kebutuhan informasi yang di uji poleh banyak peneliti di dunia. Model perilaku tersebut antara lain model perilaku informasi Davit Ellis, model perilaku informasi Krikelas, model perilaku penemuan informasi Kulthau model penemuan informasi Marchioni dan teori kebutuhan informasi Taylor. Dalam studi ini peneliti fokus pada perilaku penemuan informasi model Ellis dan hambatan informasi menurut Willons, teori kebutuhan informasi sosial Wilson dengan menggabungkan dua model tersebut akan ditemukan model perilaku informasi yang berbeda dari penelitian perilaku informasi pada mahasiswa sebelumnya. Model perilaku informasi Davit Ellis dterdiri dari beberapa tahap yaitu starting, differentiating, browsing, differentiating, monitoring, extracting, veryfing dan Ending. Sedangkan kebutuhan informasi Wilson adalah kebutuhan individu, kebutuhan lingkungan dan kebutuhan sosial, peneliti menitik beratkan pada kebutuhan sosial, dimana mahasiswa sebagai pelajar universitas yang selalu membutuhakan informasi dalam proses belajarnya. Mahasiswa sebagai produk intelektual akan berpengaruh pada perilaku informasinya dan menjadi panutan bagi sistem sosial disekitarnya. Teori penelitian Ellis di gunakan untuk ilmuan Sosial, peneliti menggunakan obyek yang sama dengan program yang berbeda pada penelitian perilaku informasi mahasiswa. Obyek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa kelas reguler dan English Class jurusan Akuntansi Unair, dengan membedakan dua obyek dan penggabungan dua teori akan menghasilkan model baru dibandingkan dengan studi lain. Temuan penting dalam penelitian ini bahwa terdapat perbedaan pola perilaku penemuan informasi pada mahasiswa kelas reguler maupun English Class, pada mahasiswa reguler selain menggunakan model perilaku Ellis responden juga melakukan tahap lain yaitu networking dan information managing. Networking yang ditemuai mahasiswa reguler lebih pada berkomunikasi dengan teman mereka secara langsung (direct communication) sedangkan perilaku informasi pada mahasiswa English Class menggunakan Ellis dan melakukan tahap lain networking dan information managing. Networking mahasiswa English Class cenderung menggunakan teknologi informasi. Hambataan yang ditemuai pada mahasiswa kelas reguler adalah bahasa sedangkan mahasiswa Engllish class sedikit yang mengalami hambatan bahasa dalam menemukan informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 14/10 Zuh p
Uncontrolled Keywords: Perilaku Pencarian Informasi, Kebutuhan Informasi Wilson, Hambatan Menemukan Informasi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Venty Zuhdiyah, 070730617UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 27 Sep 2010 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 03:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18243
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item