KEMAMPUAN "INFORMATION LITERACY" SISWA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG KEMAMPUAN "INFORMATION LITERACY" SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SMA RSBI) DI SURABAYA)

Esmi Ratna Purwasih, 070517868 (2009) KEMAMPUAN "INFORMATION LITERACY" SISWA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG KEMAMPUAN "INFORMATION LITERACY" SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SMA RSBI) DI SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-purwasihes-13431-fisiip-k.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-purwasihes-11603-fisiip-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mengkaji dan memahami tentang kemampuan information literacy siswa sekolah menengah atas (SMA) Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Surabaya. Studi ini dilakukan untuk mengetahui gambaran kemampuan information literacy siswa (yang meliputi tool literacy, social-structural literacy, research literacy, resource literacy, publishing literacy,emerging technology literacy dan critical literacy), faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan information literacy mencakup computer literacy dan library skill, dan mekanisme yang dilakukan siswa dalam meningkatkan kemampuan information literacy. Studi ini penting dikaji sebagai salah satu upaya dalam penggambaran kemampuan information literacy siswa, dimana kemampuan ini nantinya akan dibutuhkan dalam pencarian sebuah informasi yang relevan ketika siswa tersebut memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu dengan adanya bekal kemampuan dalam information literacy maka hal ini merupakan langkah awal untuk menjadi lifelong learners dalam masyarakat informasi. Studi ini menggunakan teori yang dikemukaan oleh Shapiro & Hughes untuk menjawab tentang gambaran kemampuan Information Literacy, dan dari Kuhlthau tentang computer literacy dan Library skill yang mempengaruhi kemampuan information literacy siswa. Studi ini menemukan bahwa kemampuan information literacy siswa SMA khususnya pada siswa SMA RSBI di Surabaya sebagian besar telah memiliki semua. Dimana kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa meliputi pengetahuan dasar siswa tentang komputer, kemampuan siswa dalam mengikuti perkembangan teknologi informasi salah satunya membuat dan menggunakan email, kemampuan siswa dalam memperoleh dan memilih informasi yang relevan, up to date dan sesuai dengan kebutuhan serta mampu membedakan informasi yang mengandung opini atau pendapat, dan selanjutnya mengevaluasi informasi dengan mengkritisi informasi dan problem solving serta mengkomunikasikan dan menyajikan informasi tersebut dengan menarik. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kemampuan information literacy adalah kesulitan dalam menemukan keyword yang tepat yang bisa digunakan pada search engine di internet dan ketidakmampuan siswa dalam menggunakan catalog perpustakaan / OPAC. Dimana peningkatan pengetahuan komputer dan internet merupakan upaya yang dipilih siswa dalam rangka mengembangkan kemampuan information literacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 16/10 Pur k
Uncontrolled Keywords: Literasi Informasi, Masyarakat Informasi, Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Esmi Ratna Purwasih, 070517868UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 28 Sep 2010 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 04:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18245
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item