BENTUK - BENTUK PRESENTASI POLITIK dalam PEMILU LEGISLATIF 2009 ( Studi Kasus Pada Charles Honoris, Calon Legislatif DPR RI Dapil 1 Surabaya Sidoarjo )

Theresia Intan Putri Hartiana, 070517617 (2009) BENTUK - BENTUK PRESENTASI POLITIK dalam PEMILU LEGISLATIF 2009 ( Studi Kasus Pada Charles Honoris, Calon Legislatif DPR RI Dapil 1 Surabaya Sidoarjo ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2010-intanputri-13610-fisk.0-b.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-intanputri-11880-fisk02-b.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji presentasi politik pada Pemilu Legislatif 2009. Pengaruh ideologi kebebasan yang berkembang sejak reformasi 1998, menciptakan iklim perubahan dalam jumlah partai Pemilu, yakni 48 partai pada Pemilu 1999 dan 24 partai pada Pemilu 2004. Dengan banyaknya partai, persaingan menjadi tak terhindarkan. Bentuk – bentuk komunikasi baru mulai dikembangkan dengan menggunakan pendekatan pemasaran, seperti penggunaan iklan di media massa, internet, baliho, spanduk. Dalam Pemilu Legislatif 2009, Mahkamah Konstitusi mengeluarkan aturan baru yang tercantum dalam pasal 214 UU Nomor 10 Tahun 2008 mengenai Pemilu DPR, DPD, dan DPRD. Pasal tersebut menjelaskan bahwa kemenangan calon legislatif (caleg) ditentukan berdasarkan suara terbanyak, dan tidak lagi menggunakan sistem nomor urut, seperti pada Pemilu Legislatif tahun 2004. Peraturan baru itu membuat Pemilu Legislatif 2009 menjadi makin kompetitif. Persaingan tidak hanya terjadi pada caleg antarpartai, namun juga antarcaleg dalam satu partai. Sehingga, seorang caleg harus menggunakan cara yang tepat untuk meraih dukungan publik. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti ingin mencari jawaban atas rumusan masalah mengenai bentuk-bentuk presentasi politik yang dilakukan oleh Charles Honoris calon legislatif DPR RI Dapil 1 Surabaya Sidoarjo dalam pemilu legislatif 9 April 2009. Charles Honoris dipilih sebagai objek penelitian karena memiliki keunikan, beragama Kristen dan berasal dari etnis Tionghoa, menggunakan kendaraan politik Partai Amanat Nasional (PAN) yang dikenal sebagai partai agamis, karena pendiri dan ketua umum pertama PAN, Amien Rais, sekaligus merupakan ketua umum Muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan tipe penelitian deskriptif. Sasaran penelitian ini adalah tim sukses Charles Honoris, yang terdiri atas koordinator utama tim, penanggungjawab media, koordinator wilayah Surabaya Pusat, koordinator lapangan wilayah Rungkut, serta pengurus Nahdlatul Ulama,yang juga turut membantu Charles Honoris. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi,dengan unit analisis data berupa narasi hasil wawancara dengan narasumber dan hasil observasi berupa foto, brosur, serta dokumen-dokumen pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk political marketing yang dilakukan Charles Honoris antara lain iklan berformat baliho, billboard, poster banner,spanduk, iklan cetak di majalah dan surat kabar, iklan radio dan televisi, serta transportation advertising (transit) atau iklan pada badan mobil pribadi dan angkutan umum. Jaringan internet juga dimanfaatkan sebagai sarana political marketing melalui situs www.charleshonoris.com, blog Charles’Op-Ed Articles, Facebook, dan Friendster.Merchandise yang dibagikan kepada masyarakat. Selain itu, Charles Honoris special event mengundang masyarakat umum ke berbagai acara yang diadakan olehnya. Charles Honoris juga turun langsung menyapa masyarakat dengan bekerjasama dengan Nahdlatul Ulama,Mendirikan rumah aspirasi, menjalin hubungan baik dengan wartawan. Upaya direct marketing juga dilakukan melalui surat, serta membuat call center.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 02/10 Har b
Uncontrolled Keywords: Marketing Politik, Tools Marketing Politik
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS2301-2460.7 Political and "patriotic" societies
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3289-3367 Organs of government > K3290-3304 The people. Election law
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Theresia Intan Putri Hartiana, 070517617UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSuko Widodo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 30 Nov 2010 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 19:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18247
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item