POLA KONSUMSI MEDIA INTERNET PELAJAR SMA DI SURABAYA

MILATUL ILMI, 070517955 (2010) POLA KONSUMSI MEDIA INTERNET PELAJAR SMA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-ilmimilatu-13613-fisk.0-p.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-ilmimilatu-11882-fisk04-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan media internet membawa banyak perubahan. Internet punya kapasitas untuk memampukan orang berkomunikasi, bukan sekedar menerima pesan belaka, dan bisa dilakukan secara real time. Selain itu kota Surabaya sebagai kota metropolitan yang memiliki program Surabaya Multimedia City menyebabkan penggunaan media internet di kota ini terus meningkat. Penggunaan internet berdasarkan tingkat pendidikan pelajar SMA merupakan pengguna terbesar. Pada dasarnya penggunaan media internet yang dilakukan individu secara terus menerus dan berulang-ulang akan menghasilkan suatu kebiasaan dimana dalam media internet di sebut dengan Internet Habit. Internet sering kali di nilai memiliki efek negatif bagi pelajar SMA selain keberadaan efek positif, seperti penyampaikan dan pengirim informasi yang cepat dan update. Oleh karena itu permasalahan yang muncul perlu diketahui bagaimana pola konsumsi pengguna media internet pelajar SMA di kota Surabaya. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lama penggunaan media internet pelajar SMA di Surabaya, mengetahui fasilitas apa yang sering kali dimanfaatkan oleh Pelajar SMA saat menggunakan internet.Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode survei dengan menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna internet berstatus sebagai Pelajar SMA di surabaya. Dengan teknik penarikan sampel secara purposive sampling yang kemudian dianalisis mengunakan tabel frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelajar SMA di Surabaya menggunakan internet dengan tujuan mendapatkan informasi dan hiburan. Berdasarkan frekuensi penggunaan yakni 1 minggu lebih dari 3 kali dengan lama akses 1-2 jam. Waktu yang sering mereka gunakan yakni pada pukul 18.01-21.00. sedangkan lokasi akses di tempat publik (warnet). Layanan yang sering mereka gunakan yakni Information Search Media dan Interpersonal Communication. Information Search Media seperti layanan fasilitas portal besar google dan yahoo menjadi situs favorit. Sedangkan untuk layanan Interpersonal Communication Media seperti layanan fasilitas chatting , situs friendster dan facebook menjadi situs favorit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 04/10 Ilm p
Uncontrolled Keywords: Pola,Konsumsi,Internet
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MILATUL ILMI, 070517955UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYuyun Surya, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 30 Nov 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 06:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18249
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item