OPINI PENGUNJUNG TUNJUNGAN PLASA SURABAYA PADA IKLAN AMBIENT (AMBIENT ADVERTISING) “POND’S FLAWLESS WHITE” (Studi Deskriptif Terhadap Keberadaan dan Format Iklan Ambient “Pond’s Flawless White” Versi Kekuatan Cinta di Tunjungan Plasa Surabaya)

NURITA TRI MARDANI, 070517921 (2009) OPINI PENGUNJUNG TUNJUNGAN PLASA SURABAYA PADA IKLAN AMBIENT (AMBIENT ADVERTISING) “POND’S FLAWLESS WHITE” (Studi Deskriptif Terhadap Keberadaan dan Format Iklan Ambient “Pond’s Flawless White” Versi Kekuatan Cinta di Tunjungan Plasa Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-trimardani-13626-fisk.1-o.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-trimardani-11890-fisk12-o.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Periklanan Indonesia menunjukkan perkembangan yang pesat seiring dengan makin tingginya kesadaran produsen produk atau jasa akan pentingnya iklan. Hal ini memicu tumbuhnya persaingan antarperusahaan yang menciptakan produk maupun jasa. Untuk memenangkan persaingan tersebut, produsen mulai memasarkan produk atau jasa dengan cara yang lebih kreatif untuk menarik perhatian publik. Iklan ambient dinilai efektif dan menjadi terobosan kreatif dalam beriklan. Iklan ambient termasuk media iklan yang ditunjukkan melalui bentuk berbeda dari media iklan konvensional yaitu dengan memanfaatkan lingkungan, sehingga menimbulkan memorable experience bagi yang melihatnya. PT. Unilever Indonesia Terbuka salah satu perusahaan consumer products yang memanfaatkan iklan ambient. Produk yang diiklankan adalah Pond's Flawless White dengan tema Kekuatan Cinta. Iklan ambient tersebut diletakkan di lantai empat lift Tunjungan Plasa 3 Surabaya. Karena dalam bentuk berbeda, iklan ambient menimbulkan opini masyarakat, terutama pengunjung Tunjungan Plasa Surabaya. Peneliti memfokuskan opini masyarakat pada keberadaan dan format iklan ambient. Maka rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana opini pengunjung Tunjungan Plasa terhadap keberadaan dan format iklan ambient Pond's Flawless White versi Kekuatan Cinta. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan opini pengunjung Tunjungan Plasa terhadap keberadaan dan format iklan ambient Pond's Flawless White versi Kekuatan Cinta. Metode dalam penelitian ini adalah survei dengan menggunakan mall intercept. Mall intercept yaitu metode pengumpulan data dengan penghentian (pencegatan) terhadap pengunjung mall. Tipe penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik mencari sampel yang dipilih adalah accidental sampling dengan jumlah responden 100 orang. Sehingga data yang dihasilkan berupa opini favorable atau mendukung, dan unfavorable atau tidak mendukung. Berdasarkan hasil analisis menggunakan tabel frekuensi dan tabel silang diperoleh data bahwa mayoritas responden memiliki opini favorable.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 12/10 Mar o
Uncontrolled Keywords: opini, iklan, khalayak
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
NURITA TRI MARDANI, 070517921UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Pudji Rahayu, Dra., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 01 Dec 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 06:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18257
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item