REMAJA DAN PEMAHAMAN NASIONALISME (STUDI DESKRIPTIF PENERIMAAN KHALAYAK REMAJA TENTANG NASIONALISME DALAM FILM "NAGABONAR JADI 2"

Anandha Budiantoro, 070417247 (2009) REMAJA DAN PEMAHAMAN NASIONALISME (STUDI DESKRIPTIF PENERIMAAN KHALAYAK REMAJA TENTANG NASIONALISME DALAM FILM "NAGABONAR JADI 2". Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
82. Abstrak Fis K 25-10 Bud r.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-budiantoro-11903-fisk25-r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nasionalisme adalah hal yang utama dalam menjaga keutuhan suatu bangsa, karena pada dasarnya nasionalisme adalah faham kebangsaan yang mengajarkan cinta tanah air dan bangsa. Nasionalisme Indonesia saat ini, dapat dikatakan mendapat tantangan besar seperti banyaknya kasus KKN yang merebak disegala penjuru tanah air, masuknya budaya asing yang tidak terkendali, hilangnya kepercayaan pada bangsa dan negaranya sendiri. Fenomena tersebut lantas mengilhami sutradara Deddy Mizwar memproduksi film yang mengusung tema nasionalisme. Keprihatinan Deddy Mizwar terhadap kondisi realitas bangsa Indonesia saat ini, lalu diwujudkan dalam film ‘Nagabonar Jadi 2’, yang merupakan sekuel dari film pertamanya pada 1987 yang berjudul ’Nagabonar’ arahan alm Asrul Sani. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerimaan remaja tentang nasionalisme dalam film’ Nagabonar Jadi 2’. Beberapa tinjauan pustaka yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: penonton film sebagai khalayak aktif, nasionalisme sejarah dan perkembanganya, film sebagai media pemersatu bangsa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah reception analysis. Teknik pengumpulan data menggunakan focus group discussion (FGD). Unit analisis dalam penelitian ini yaitu narasi-narasi kualitatif yang didapat dari pendapat partisipan pada waktu pelaksanaan FGD. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis narasi-narasi kualitatif, yang bersumber dari partisipan ketika FGD. Nasionalisme menurut partisipan adalah faham kebangsaan yang dilandasi rasa cinta pada tanah air dan bangsa. Nasionalisme bangsa Indonesia saat ini mengalami perubahan baik dalam tantangan maupun perkembangannya jika dibandingkan dengan zaman dahulu. Aspek pendidikan dipandang mampu untuk meningkatkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia. Nasionalisme dapat diwujudkan sesuai dengan kapasitas masing-masing orang. Perkembangan film bertema nasionalisme di Indonesia, menurut partisipan mengikuti perkembangan dunia perfilman Indonesia. Saat ini Indonesia memerlukan banyak film bertema nasionalisme, selain ‘Nagabonar Jadi 2’. Nasionalisme dalam film ‘Nagabonar Jadi 2’, ditampilkan dalam beberapa adegan di film tersebut seperti secara seperti upacara bendera, patung para pahlawan, makam pahlawan yang beberapa adegan tersebut ditampilkan dengan diiringi dengan lagu wajib nasional. Menurut partisipan sosok Nagabonar dianggap sebagai bagian dari film tersebut yang sering berkaitan dengan adegan-adegan yang bertemakan nasionalisme. Beberapa kekurangan dalam film ini adalah nasionalisme dianggap fiktif dan kurang beretika. Namun secara keseluruhan pesan tentang nasionalisme dalam film ‘Nagabonar Jadi 2’ dapat dipahami oleh seluruh partisipan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 25/10 Bud r
Uncontrolled Keywords: Nasionalisme, Film ‘Nagabonar Jadi 2’, Pemahaman Remaja.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Anandha Budiantoro, 070417247UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorI.G.A.K. Satrya Wibawa, S.Sos., MCAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 02 Dec 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 06:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18270
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item