PANDANGAN DAN SIKAP MAHASISWI SKI FISIP MENGENAI TUBUH IDEAL (STUDI PADA MAHASISWI SKI FISIP UNAIR)

Ani Pamungkas, 070316962 (2009) PANDANGAN DAN SIKAP MAHASISWI SKI FISIP MENGENAI TUBUH IDEAL (STUDI PADA MAHASISWI SKI FISIP UNAIR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-pamungkasa-14546-fisant-k.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-pamungkasa-12189-fisant-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tubuh ideal perempuan mengalami perubahan sesuai tren yang terjadi. Tren ini muncul dan terbentuk melalui media yang mewakili industri, dengan demikian konstruksi tubuh ideal ini hanyalah bentukan demi keuntungan industri. Media memblow up konstruksi tubuh ideal perempuan dengan kriteria-kriteria yang mereka tentukan secara terus-menerus sehingga masyarakat terpengaruh dan menerimanya. Konstruksi tubuh ideal perempuan yang ada dalam masyarakat ini kemudian menyudutkan perempuan yang tidak memiliki kriteria-kriteria yang diminta, sehingga mereka merasa berbeda dan kurang. Konstruksi tubuh ideal perempuan yang disebarkan media penuh dengan muatan mitos kecantikan dimana tubuh dijadikan sebagai objek yang kemudian dinilai. Perempuan yang tidak memenuhi kriteria tubuh ideal kemudian mengalami kekurangan rasa percaya diri dan kemudian menjadi malu untuk tampil di muka umum. Mahasiswi SKI FISIP yang juga merupakan bagian dari kaum perempuan pun mengalami hal yang serupa. Dalam organisasi mereka dibentuk untuk mengutamakan akhlak yang baik dan sesuai ajaran dan syariat Islam melalui pelatihan dan kajian. Para mahasiswi inipun akhirnya mengalami pergeseran pola pikir dan pandangan mengenai tubuh ideal perempuan. Sementara itu lingkungan di sekitarnya mendesak dengan konstruksi tubuh ideal yang bertolak pada mitos kecantikan. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana pandangan dan sikap mahasiswi SKI FISIP terhadap konstruksi tubuh ideal yang ada dalam masyarakat saat ini yang notabene bentukan dari industri dengan melalui media. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dimaksudkan untuk menggambarkan pandangan dan sikap mahasiswi SKI FISIP mengenai konstruksi tubuh ideal melalui kegiatan wawancara dan pengamatan. Data-data yang diperoleh kemudian dikelompokkan dan dianalisis. Dari data yang telah dianalisis oleh peneliti dapat diambil kesimpulan bahwa mahasiswi SKI FISIP memandang tubuh ideal perempuan bukan hanya sebatas tubuh fisik saja namun tubuh yang nyaman dalam bentuk apapun, selain itu juga bagaimana seseorang berperilaku dalam masyarakat. Namun demikian mereka juga melakukan perawatan tubuh fisik yang akhirnya membuat ketidaksinkronan antara pandangan dan sikap mereka mengenai tubuh ideal perempuan yang terlihat dalam perilaku dan penampakan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Ant 13/10 Pam p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ19-30.7 Sexual behavior and attitudes. Sexuality
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
Ani Pamungkas, 070316962UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorToetik Koesbardiati, Dr dra PhdUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 18 Jan 2011 12:00
Last Modified: 21 Jul 2016 04:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18277
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item