STUDI DESKRIPTIF EFEKTIFITAS LAYANAN E-REFRENCE (ELEKTRONIK REFERENS) DI UNIT PELAKSANAAN TEKNIS PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOVEMBER (ITS) SURABAYA

Zamrud Mufida, 070730618 (2009) STUDI DESKRIPTIF EFEKTIFITAS LAYANAN E-REFRENCE (ELEKTRONIK REFERENS) DI UNIT PELAKSANAAN TEKNIS PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOVEMBER (ITS) SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
ZAMRUD.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-mufidazamr-12254-fisiip-s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peningkatan mutu perguruan tinggi diperlukan keterlibatan mahasiswa / pengguna secara aktif melakukan eksplorasi terhadap kepustakaan. Hal yang mempengaruhi keaktifan mereka diperpustakaan adalah sistem dan jasa serta pengolahan informasi yang dimiliki perpustakaan. Penelitian dilakukan mengambil obyek satu dari beberapa komponen sumber belajar di ITS yaitu UPT Perpustakaan ITS. Tujuan dari penelitian ini mengevaluasi efektifitas pemanfaatan layanan E-reference. Saat ini, tersedia pilihan berwujud layanan informasi secara elektronik. Ini menjadikan akses informasi secara elektronik sebagai satu alternatif yang semakin penting dalam pemenuhan kebutuhan informasi pengguna. Proses akses informasi elektronik dalam layanan penelusuran informasi yang mengacu pada kecepatan, fleksibilitas, dan kapasitas yang lebih tinggi. Analisa difokuskan pada Efektifitas layanan E-reference bagi pengguna perpustakaan dalam memperoleh sumber informasi yang mengalami perkembangan secara mutakhir, serta berusaha menguraikan kemampuan efektifitas layanan yang dapat diberikan terhadap pengguna tersebut benar-benar efektif. Model analisa penelitian kuantitatif, oleh karena itu dari variabel yang diteliti yaitu indikator penggunaan dan kepuasan pengguna, maka diperoleh hasil dari analisa deskriptif bahwa pengguna / responden mengetahui adanya layanan ini pada umumnya dalam prosentase 94%, penggunaan dan pemanfaatan koleksi E-reference yang mengetahui tentang koleksi E-book, E-jurnal, Digital Library menunjukkan hasil akses koleksi tersebut digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan bagi hampir setengah pengguna sebesar 46% dan untuk menulis TA / Penelitian sebesar 34%. Untuk ketersediaan koleksi E-reference yang dilanggan telah sesuai kebutuhan informasi bagi sebagian besar pengguna mengindikasikan hasil yang cukup tinggi sekitar 70%. Pengaruh pesatnya perkembangan teknologi internet bagi perpustakaan sangat signifikan mempunyai peranan penting pada perubahan layanan perpustakaan, dalam mengelola, menyediakan dan menyebar-luaskan sumber informasi. Itu semua sangat dibutuhkan perpustakaan, karena adanya teknologi informasi layanan yang diperoleh pengguna di perpustakaan berorientasi pada efektifitas dan efisiensi jasa layanan perpustakaan. Efektifitas merupakan ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (seperti, kualitas dan kuantitas) telah tercapai, semakin besar prosentase target yang dicapai makin tinggi nilai efektifitas. Konsep efektifitas layanan perpustakaan mengimplikasikan kepuasan pengguna pada kebutuhan yang tidak dinyatakan sama dengan kepuasannya pada saat kebutuhan yang dinyatakan terpenuhi. Dan juga untuk mengevaluasi suatu layanan yang efektif harus dilihat dari segi keterpakaian koleksi, jadi kedua aspek merupakan faktor – faktor penting dalam indikator efektifitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 19/10 Muf s
Uncontrolled Keywords: REFERENCE SERVICE
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Zamrud Mufida, 070730618UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 01 Feb 2011 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 19:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18281
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item