Perilaku penemuan informasi wartawan di Surabaya (Studi dekriptif : Tentang model perilaku penemuan informasi wartawan Surabaya dalam perannya sebagai penyampai informasi)

Dwi Prihastuti, 070730608 (2009) Perilaku penemuan informasi wartawan di Surabaya (Studi dekriptif : Tentang model perilaku penemuan informasi wartawan Surabaya dalam perannya sebagai penyampai informasi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-prihastuti-14670-fisiip-k.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-prihastuti-12257-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini telah berusaha mengembangkan penelitian-penelitian dan model-model pencarian informasi dan penggunaan dalam konteks tugas yang lebih luas. Setidaknya, terdapat penelitian-penelitian yang meluaskan fokus ini pada isu yang tak kalah pentingnya mengenai perilaku wartawan mencari dan mengolah informasi yang ditemukan ketika menjalankan suatu tugas. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan berbagai aspek antara tugas-tugas jurnalistik dan pencarian serta manipulasi informasi dengan mempergunakan kegiatan jurnalistik sebagai studi deskriptif. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah yang diambil dalam teknik pengambilan sampel secara non random dengan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini wartawan yang yang terpilih sebagai responden harus memenuhi beberpa persyaratan tertentu. Penelitian merupakan penelitian survei deskriptif yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap sejumlah sample yang dianggap mewakili keseluruhan populasi wartawan di Surabaya. Selain itu penelitian ini juga memanfaatkan kajian-kajian pustaka, dan pengumpulan data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode statistik deskriptif untuk mengetahui kecenderungan perilaku informasi di antara para wartawan di Surabaya dengan memanfaatkan program Microsoft Excel untuk menghitung arus data pada tabel frekuensi maupun tabulasi silang. Proses analisa data kuantitatif yang telah diolah dengan menggunakan tabel frekuensi dan kemudian dianalisis dan dinterpretasi secara teoritik. Berdasarkan hasil analisa data dan interpretasi teoritik bahwa penelitian ini tidak hanya membuka cakrawala wawasan mengenai Perilaku penemuan Informasi yang terdiri dari Karakteristik Kebutuhan Informasi, Sumber Informasi, dan Batasan serta Hambatannya, di antara wartawan di Surabaya yang diringkaskan dalam suatu model Perilaku Informasi. Lebih lanjut, penelitian ini juga memberikan kontribusi teoritis berupa beberapa pengembangan terhadap beberapa teori penemuan informasi yang telah mapan, seperti Situated Action-nya Suchman, serta model Perilaku Informasi Ellis dan Nicholas & Martin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 23/10 Pri p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; JOURNALISM
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Dwi Prihastuti, 070730608UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 01 Feb 2011 12:00
Last Modified: 21 Jul 2016 06:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18283
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item