PERSEPSI STAF PERPUSTAKAAN TERHADAP PERUBAHAN (Studi Deskriptif tentang Persepsi Staf Perpustakaan Terhadap Perubahan pada Pelayanan Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya)

Amalia Herlina, 070830371 (2010) PERSEPSI STAF PERPUSTAKAAN TERHADAP PERUBAHAN (Studi Deskriptif tentang Persepsi Staf Perpustakaan Terhadap Perubahan pada Pelayanan Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-herlinaama-17583-fisiip-k.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-herlinaama-14739-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu upaya untuk meraih minat pengguna memanfaatkan perpustakaan yaitu melakukan perubahan pada pelayanan. Pada Perpustakaan UNAIR, perubahan tersebut dilakukan melalui inovasi secara kontinyu dan berdasarkan pada kebutuhan pengguna. Perubahan pada organisasi berarti perubahan pada individu-individu yang ada didalamnya. Persepsi yang salah terhadap informasi perubahan dapat menjadi penghambat dan dapat menimbulkan dampak negatif terhadap keberlanjutan perubahan itu sendiri. Karena pentingnya aspek persepsi tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana persepsi staf Perpustakaan UNAIR terhadap informasi perubahan tersebut, khususnya persepsi pada tahap perhatian dan seleksi, tahap organisasi informasi, tahap interpretasi informasi dan tahap menemukan kembali informasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk menggambarkan proses persepsi diatas. Responden adalah seluruh staf Perpustakaan UNAIR (total populasi) sebanyak 73 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disampaikan dengan wawancara. Hasil temuan data dipaparkan dengan melalukan analisa terhadap tabel frekuensi dan tabel silang (crosstab). Temuan data juga dilngkapi dengan hasil probing dari beberapa responden. Dari hasil penelitian diketahui Kesatu, pada tahap perhatian dan seleksi diketahui sebagian besar staf Perpustakaan UNAIR telah mengetahui adanya perubahan melalui inovasi secara kontinyu berdasarkan pada kebutuhan pengguna. Sumber informasi yang sangat menarik perhatian adalah kepala perpustakaan. Kedua, pada tahap organisasi informasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar staf Perpustakaan UNAIR dapat menjawab dengan benar pengertian tentang perubahan tersebut, pengertian Ruang Publik, Kertas X-presi dan Tanda Cinta. Beberapa konsep pada jawaban responden sesuai dengan elemen utama Library 2.0,. Ketiga, pada tahap interpretasi informasi, sebagian besar responden telah mampu memberikan jawaban yang benar tentang latar belakang dan tujuan perubahan. Keempat, pada tahap menemukan kembali informasi, diketahui bahwa sebagian besar responden berpendapat bahwa perubahan di atas pernah dilakukan sebelumnya di Perpustakaan UNAIR yaitu sejak kepemimpinan Bapak Pujiono.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 66/10 Her p
Uncontrolled Keywords: ORGANIZATIONAL CHANGE; LIBRARY CONSUMER SATISFACTION
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Amalia Herlina, 070830371UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 01 Apr 2011 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 04:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18290
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item