PERANAN UNAIDS DALAM PENCEGAHAN HIV/AIDS SERTA PENCAPAIAN MILLENIUM DEVELOPMENT GOALS DI AFRIKA

Catur Wasis Y, 070417490 (2009) PERANAN UNAIDS DALAM PENCEGAHAN HIV/AIDS SERTA PENCAPAIAN MILLENIUM DEVELOPMENT GOALS DI AFRIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2011-caturwasis-18711-fishi0-k.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-caturwasis-15467-fishi0-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

HIV/AIDS merupakan salah satu isu yang kini tidak bisa dipandang sebelah mata di seluruh dunia secara global. Dan dunia kini harus memberikan perhatian khusus kepada epidemi HIV/AIDS yang akan terns berkembang ini. Ada banyak upaya yang akan dilakukan oleh negara-negara maupun organisasi swasta internasional untuk menghadang penyebaran HIV/AIDS ini. Salah satunya adalah UNAIDS, satu organisasi internasional yang berada di bawah naungan PBB yang fokus dalam pencegahan penyebaran virus HIV / AIDS. Yang mana organisasi internasional semacam UNAIDS memiliki peran penting sebagai organisasi internasional yaitu berperan sebagai Instrument atau Fasilitator, Forum atau Arena dan juga berperan sebagai Aktor. Dalam kerangka pemikiran, dijelankan mengenai beberapa konsep yang membantu pendeskripsian masalah yaitu Global Collective Action. Human Security, serta Peran Organisasi Internasional. Peneliti juga membatasi Strategi eksekusi dan Stratgei Evaluasi dalam analisa yang digunakan dalam penelitian dan peneliti membatasi penelitian ini dari tahun 2005 hingga tahun 2007. Penelitian ini menemukan beberapa kasus yang dapat menggambarkan seberapa jauh peran darn UNAIDS sebagai Organisasi Internasional berdasar strategi Eksekusi dan Strategi evaluasi yang digunakan peneliti untuk melakukan penelitian ini. Adapun strategi eksekusi berdasar peran sebagai fasilitator ialah dimana organsasi internasional memfasilitasi pihak lain untuk melaksanakan program yang dicanangkan oleh UNAIDS. Sedangkan untuk strategi evaluasi peran sebagai fasilitator ialah dimana organisasi internasional tersebut berhal memberikan saran kepada pihak lain terhadap keputusan yang diambil, serta berhak melakukan pengawasan terhadap keputusan yang dijalankan. Dimana UNAIDS ini dalam perannya sebagai salah satu Organisasi Intemasional ialah sebagai fasilitator bagi negara-negara untuk bisa keluar darn permasalahan epidemi yang teijadi. Dan Millenium Development Goals yang disetujui oleh banyak negara, menjadi tolok ukur akan keberhasilan UNAIDS dalam pencegahan penyebaran HIV/AIDS serta akses bagi para penderita HIV/AIDS terhadap terapi Antiretroviral yang dapat memberikan daya tahan tubuh lebih lama terhadap virus HIV/AIDS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis HI 09/10 Cat p
Uncontrolled Keywords: HIV INFECTION; ORGANIZATION DEVELOPMENT
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV544.5 International social work
R Medicine > RC Internal medicine > RC109-216 Infectious and parasitic diseases
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Catur Wasis Y, 070417490UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJoko Susanto, SPUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 10 May 2011 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 19:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18294
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item