PERILAKU ORANG TUA DALAM MERAWAT KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK USIA PRA SEKOLAH DI 3 TAAM (TAMAN ANAK ASUH MUSLIM) DI SURABAYA

Farida Faza, 070610020 (2010) PERILAKU ORANG TUA DALAM MERAWAT KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK USIA PRA SEKOLAH DI 3 TAAM (TAMAN ANAK ASUH MUSLIM) DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-fazafarida-18875-fisant-k.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-fazafarida-15694-fisant-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gigi dan mulut merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh yang juga berperan penting dalam tumbuh kembang seorang anak karena diperlukan untuk mengunyah makanan dengan baik. Makanan yang dikunyah dengan baik akan memudahkan tubuh menyerap zat gizi yang terkandung dalam makanan. Selain itu, gigi juga merupakan salah satu komponen terpenting bagi seorang anak untuk berkomunikasi dalam berinteraksi sosial dengan masyarakat. Pentingnya peranan ini membuat masyarakat yang sadar akan hal tersebut, memberikan perhatian lebih atau khusus pada salah satu organ tubuh tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku dan pengaruh perilaku kesehatan yang dilakukan orang tua dalam memberikan perawatan kesehatan gigi dan mulut terhadap anak-anak usia prasekolah di TAAM dan TPA di Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, kuesioner, pengamatan terhadap kegiatan yang berkenaan dengan kesehatan gigi dan mulut dan pengamatan terhadap kondisi gigi anak-anak (obyek penelitian). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa para orang tua mengerti tentang perawatan gigi dan mulut bagi anaknya, pengetahuan tersebut diperoleh dari buku, televisi, dari pengalaman orang tua lain dan sebagainya. Namun, ketika dibandingkan dengan kondisi gigi dan pengalaman sakit gigi yang mereka alami serta kondisi gigi pada anak-anak mereka terjadi ketidaksesuaian dengan kondisi yang ada. Ketidaksesuaian tersebut terjadi karena orang tua tidak paham secara utuh terhadap perawatan gigi dan mulut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Ant 03/11 Faz p
Uncontrolled Keywords: DENTAL HEALTH
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Farida Faza, 070610020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMytarti Dyah Artaria, DraUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 26 May 2011 12:00
Last Modified: 22 Jul 2016 03:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18300
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item