ANALISIS MARKETING MIX PADA STRATEGI PEMASARAN E-KLIPING HARIAN KOMPAS

AFIFAH SISNO, 070710492 (2010) ANALISIS MARKETING MIX PADA STRATEGI PEMASARAN E-KLIPING HARIAN KOMPAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-sisnoafifa-19739-fisiip-k.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sisnoafifa-16536-fisiip-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dikaji dengan menggunakan metode kuantitaif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Kompas Biro Daerah Jawa Timur. Teknik pengambilan sample yang dilakukan adalah dengan metode non-random dengan menggunakan teknik pengambilan sample Purposive Sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 responden yang merupakan karyawan dari perusahaan Kompas Biro Daerah Jawa Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan meliputi 5 tahapan yaitu perencanaan, penciptaan produk, penawaran produk, pertukaran produk, dan evaluasi. Variabel yang diimplementasikan pada kegiatan pemasaran ini meliputi 7P dalam bauran pemasaran jasa. Pasar sasaran yang menjadi target perusahaan adalah pasar yang cenderung homogen. Dalam melakukan kegiatan pemasaran perusahaan memegang pasar monopoli di kawasan Jawa Timur sehingga dalam pemasaran perusahaan lebih menekankan pada penciptaan produk dengan kualitas yang baik melalui proses layanan, pencitraan lingkungan fisik yang baik, penyedia jasa yang berkualitas, serta pilihan lokasi dan penyampaian distribusi informasi yang memudahkan pengguna, dan melakukan promosi dengan membangun kedekatan dengan pengguna untuk menjalin hubungan jangka panjang. Dengan posisi pasar monopoli maka perusahaan dapat menentukan harga premium untuk produk e-kliping. Untuk dapat tetap mempertahankan pangsa pasar maka perusahaan melakukan pengembangan pemasaran dengan merespon perubahan yang terjadi baik pada pengguna maupun perubahan pasar, serta melakukan analisa pada kemungkinan munculnya kompetitor. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan pengembangan layanan, menentukan strategi penyesuaian harga, memberikan layanan customer care untuk pengguna, melakukan riset pasar pada pangsa pasar Jawa Timur, melakukan analisa terhadap kompetitor, serta melakukan promosi periklanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kkb kk-2 fIS iip 04/11 Sis a
Uncontrolled Keywords: MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AFIFAH SISNO, 070710492UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHelmy Prasetyo Y, , S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 15 Sep 2011 12:00
Last Modified: 22 Jul 2016 09:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18310
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item