EVALUASI BAURAN PEMASARAN BERBASIS PEMAKAI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA

PUTRI ARIESTA MARAMBA SARI, 0709416105 (2011) EVALUASI BAURAN PEMASARAN BERBASIS PEMAKAI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sariputria-17510-fisiip-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konsep bauran pemasaran dapat dilakukan melalui pendekatan promosi konvensional, pemasaran harus bertujuan untuk menarik minat para pengguna untuk berkunjung ke perpustakaan dan bisa mendapatkan pelayanan informasi yang dibutuhkannya. Oleh karena itu, prioritas pengguna, harapan dan kebutuhan harus diperhitungkan. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi bauran pemasaran yang telah diterapkan oleh perpustakaan. Teori yang digunakan adalah Teori Tentang Bauran Pemasaran Jasa, dalam perkembangannya, untuk layanan jasa dikenal juga istilah 7 P dimana 4 P pertama adalah Product, Price, Place, dan Promotion. Untuk 3 P yang selanjutnya adalah Bukti Fisik (Physical Evidence), Proses (Proccess) dan Orang (People). Metodologi yang digunakan untuk penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengambilan sample yaitu purposive sampling yang menggunakan populasi mahasiswa Universitas Airlannga yang berada pada perpustakan. Pengumpulan data primer diperoleh dari kuesioner dan wawancara tertutup serta melakukan probing. Serta analisis data dengan menggunakan tabel frekuensi. Hasil analisis data yang didapatkan untuk variabel PRODUK yang harus dilalukan evaluasi adalah koneksi internet yang menurut 51.85% responden tidak bagus dan 59.26% responden menilai kurang cepat. Kemudian untuk variabel HARGA adalah biaya administrasi masih tidak terjangkau oleh 40,74% responden. Variabel PROMOSI tentang pengetahuan responden perihal buku baru di perpustakaan menyatakan 55,95% responden tidak mengetahui adanya buku baru dalam pameran buku ataupun di dalam koleksi yang dipunyai perpustakaan tidak di ketahui oleh 60,49% responden. Variabel PROSES tentang layanan bebas pinjam sebanyak 80,24% responden yang tidak mengetahui adanya fasilitas ini begitu juga dengan syarat-syarat untuk melakukan bebas pinjam tersebut yang tidak diketahui oleh 83.95% responden. Variabel LAYANAN FISIK dalam hal ini kotak saran yang dimiliki oleh perpustakaan di ketahui keberadaannya oleh 60.49% responden namun sebanyak 82.72% responden tidak pernah memberikan saran kepada perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 49 /11 Sar e
Uncontrolled Keywords: MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
PUTRI ARIESTA MARAMBA SARI, 0709416105UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 15 Nov 2011 12:00
Last Modified: 23 Jul 2016 04:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18325
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item