MENYINGKAP SELUBUNG IDEOLOGI INDUSTRI MUSIK INDONESIA (ANALISA TEORI KRITIS MENGENAI KEBERPIHAKAN INDUSTRI MUSIK DI INDONESIA)

TEDDY G. TAHAPARY, 070610409 (2010) MENYINGKAP SELUBUNG IDEOLOGI INDUSTRI MUSIK INDONESIA (ANALISA TEORI KRITIS MENGENAI KEBERPIHAKAN INDUSTRI MUSIK DI INDONESIA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-tahaparyte-21616-fisp05-k.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-tahaparyte-18773-fisp05-m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Musik merupakan bagian dari kesenian yang keberadaanya sangat diperlukan manusia baik dari segi sosial maupun ekonomi. Musik juga memiliki ide dibaliknya tentang ketidaksadaran, tubuh dan emosi manusia yang dapat menjadikan manusia tertarik terhadap musik. Keberadaan musik tidak dapat dipisahkan dari industri musik yang bertugas untuk memproduksi dan mendistribusikan sebelum akhirnya dikonsumsi oleh pendengar musik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana industri musik dalam perspektif teori yang digunakan dan bagaimana ideologi atau keberpihakan industri musik. Rumusan masalah ini dianalisa dengan menggunakan teori kritis dengan metode kritik ideologi atau kritik atas metodologi positivisme dengan menggunakan langkah subversif atau keluar dari common sense dan historis Dalam penelitian ini ditemukan bahwa, industri musik memiliki sifat-sifat antara lain, inkonsisten, homogen, asosial, dan manipulatif yang tidak sepadan dengan kampanye demokrasi yang mensyaratkan partisipasi dan pelayanan publik. Industri musik juga menganut ideologi investasi yang bersifat monopoli dan berdasarkan pada logika untung rugi. Sifat dan ideologi industri musik pada akhirnya menunjukkan bahwa perilaku ekonomi industri musik masih mengafirmasi perilaku sistem ekonomi tradisional dan kesadaran feodal yang tidak kompetitif atau monopolistis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. P. 05/11 Tah m
Uncontrolled Keywords: MUSIC-INDUSTRIES
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
TEDDY G. TAHAPARY, 070610409UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAirlangga Pribadi K,, SIP, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 27 Jan 2012 12:00
Last Modified: 23 Jul 2016 07:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18335
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item