GERAKAN MAHASISWA HMI (HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM) SUNAN AMPEL DAN AIRLANGGA TAHUN 2009-2010 (STUDI KOMPARATIF POLA GERAKAN MAHASISWA)

ASADUR RAHMAN MUHAMMAD, 070710138 (2010) GERAKAN MAHASISWA HMI (HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM) SUNAN AMPEL DAN AIRLANGGA TAHUN 2009-2010 (STUDI KOMPARATIF POLA GERAKAN MAHASISWA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2012-muhammadas-18838-fisp27-g.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) Sunan Ampel dan Airlangga merupakan bagian kecil dari struktural HMI itu sendiri. HMI sendiri adalah organisasi mahasiswa tertua dan terbesar di Indonesia. Layaknya organisasi lain, dalam berjalannya roda organisasi tentunya ada gerakan yang dihasilkan. Dalam sejarahnya, HMI memiliki sumbangsih besar bagi Negeri ini. Dari gerakan mahasiswa itulah sumbangsih itu ada. Tentu ada kemajuan dan kemunduran dalam gerakan tersebut. Pola gerakan yang ada menentukan arah jarum jam HMI akan dibawa. HMI Sunan Ampel dan Airlangga ialah pilar besar bagi HMI Cabang Surabaya. Perbedaan basis keIslaman menjadi alasan utama akan perbedaan keduanya. Kota Surabaya sendiri menjadi barometer akan pergerakan mahasiswa dewasa ini. Pola gerakan mahasiswa inilah yang menjadi tolak ukur kondisi gerakan mahasiswa di tubuh organisasi yang berdiri pada 5 Februari 1947 ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil HMI Koordinator Komisariat (Korkom) Sunan Ampel dan Airlangga sebagai subjek penelitiannya. Melalui wawancara dengan pengurus HMI Cabang Surabaya dan Korkom serta kader HMI di Sunan Ampel dan Airlangga, menunjukkan bahwa sebagai organisasi mahasiswa, HMI mengalami problematika organisasi yang cenderung membawa HMI pada arah kemerosotan. Kemerosotan yang dialami meliputi pehaman nilai-nilai sebagai landasan, sistem perkaderan, gerakan dan pola gerakannya. Pola gerakan HMI Sunan Ampel dan Airlangga tahun 2009-2010 dirasa mengalami stagnasi. Perbedaan karakter perkaderan HMI Sunan Ampel dan Airlangga mengarah pada arah yang sama yakni kemerosotan HMI itu sendiri. Berangkat dari kemerosotan perkaderanlah maka gerakan mahasiswa HMI menjadi lemah dan tidak lagi mampu berdialog dengan zaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. P. 27/11 Muh g
Uncontrolled Keywords: CAMPUS ORGANIZATION
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
ASADUR RAHMAN MUHAMMAD, 070710138UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAribowo, Drs. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 31 Jan 2012 12:00
Last Modified: 25 Jul 2016 08:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18355
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item