PROSES POLITIK KEBIJAKAN RELOKASI PEDAGANG PASAR IKAN HIAS JALAN IRIAN BARAT KE SENTRA IKAN HIAS GUNUNGSARI

MOCH. ALMAAS SHOBIRIN, 070710380 (2010) PROSES POLITIK KEBIJAKAN RELOKASI PEDAGANG PASAR IKAN HIAS JALAN IRIAN BARAT KE SENTRA IKAN HIAS GUNUNGSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2012-shobirinmo-22149-fisp30-k.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2012-shobirinmo-18842-fisp30-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian relokasi pedagang sudah banyak dilakukan, namun seringkali penelitian tersebut membahas tentang relokasi yang bersifat resisten dan selalu memberontak kepada pemerintah kota. Disini peneliti tertarik pada relokasi pasar ikan hias Jalan Irian Barat, dimana relokasi disini seolah-olah adem ayem tanpa ada pergejolakan yang pada umumnya terjadi pada setiap relokasi PKL. Padahal faktanya seringkali penertiban PKL liar selalu diwarnai dengan tindak kekerasan yang dilakukan oleh Satpol PP, namun lain dengan pedagang ikan hias Jalan Irian Barat. Jalan ini sudah lama dihuni oleh pedagang ikan hias dengan pedagang yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur. Dalam sejarahnya pasar ikan hias disini tidak pernah mengalami penertiban dari pemerintah kota. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil pedagang ikan hias jalan Irian Barat sebagai subjek penelitian. Melalui wawancara dengan ketua paguyuban pedagang dan beberapa perwakilan pedagang dari luar kota sebagai obyek yang direlokasi oleh pemerintah kota. Kebijakan relokasi ini kemudian menimbulkan interaksi dan dampak yang luar biasa kepada kelompok-kelompok di sekitar jalan Irian Barat. Disini kemudian muncul upaya-upaya yang dilakukan oleh pedagang ikan hias yang tidak tertampung dalam proses relokasi dari jalan Irian Barat ke Sentra Ikan Hias Gunungsari. Dari upaya melobi untuk bisa masuk ke Sentra Ikan Gunungsari hingga menciptakan pasar ikan hias baru yang berada di Prapen. Upaya tersebut dilakukan untuk meneruskan apresiasi pedagang ikan hias untuk tetap berdagang ikan hias.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. P. 30/11 Sho p
Uncontrolled Keywords: RURAL DEVELOPMENT ; VENDRUS AND PURCHASERS
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MOCH. ALMAAS SHOBIRIN, 070710380UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBudi Prasetyo, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 31 Jan 2012 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 04:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18358
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item