MOTIVASI KEANGGOTAAN KELOMPOK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA

DINA NURFATIANI, 070016363 (2005) MOTIVASI KEANGGOTAAN KELOMPOK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2006-nurfatiani-1528-fisant-k.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-nurfatiani-1528-fis_ant_-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Motivasi merupakan istilah yang sering dipakai dalam kehidupan sehari¬hari. Tingkah laku dan sikap seseorang sering dihubungkan dengan istilah ini, tidak terkecuali bergabung dengan sebuah kelompok. Penulis memilih keanggotaan mahasiswa Universitas Airlangga dalam kelompok Partai Keadilan Sejahtera yaitu partai yang tergolong baru tetapi perolehan suaranya cukup signifikan dalam pemilihan umum tahun 2004, dengan anggota-anggota di kalangan mahasiswa yang mempunyai ciri khas dalam penampilan fisik, perilaku., cara-cara berinteraksi yang menurut penulis menarik untuk diteliti. Diantara anggota-anggota suatu kelompok terdapat hubungan yang akrab dan bersifat pribadi. Solidaritas timbul tanpa disadari, sehingga hubungan itu lebih bersifat emosional dan juga terkadang rasional. Kelompok ini dimana anggota-anggotanya melaksanakan hubungan tatap muka, bersifat spontan dalam tingkah laku dengan pihak lain dan mempunyai tujuan bersama yang kadang-kadang bersifat implicit. Kelompok merupakan lingkungan yang dianggap penting bagi tingkah laku individual, dan bagian masyarakat dimana proses interaksi dan peranan individu dapat diamati. Dengan mengumpulkan data riwayat hidup (life history) tiga orang informan yang termasuk ke dalam kriteria anggota Partai Keadilan Sejahtera, diharapkan mencapai suatu pengertian tentang suatu masyarakat, kebudayaan dan tipe kepribadian suatu komunitas masyarakat, melalui mata individu-individu yang merupakan warga masyarakat yang bersangkutan dan memperdalam pengertian penulis terhadap masyarakat dimana individu-individu itu hidup dari motivasi berkelompok anggota Partai Keadilan Sejahtera ini, diharapkan dapat menggambarkan nilai-nilai budaya yang mereka miliki. Bergabungnya informan ke dalam kelompok Partai Keadilan Sejahtera setelah memasuki dunia kampus tidak lain motivasinya diantaranya adalah terpenuhinya kebutuhan pokok yang menurut Abraham Maslow disamping kebutuhan fisiologis dan rasa aman, adalah kebutuhan sosial, penghargaan dan aktualisasi diri dalam lingkupnya sebagai mahasiswa. Yang hal itu ditemui melalui proses interaksi, pengalaman-pengalaman informan, yang awalnya berbentuk simpati, identifikasi dan kemudian amal jama'i dan juga melalui perangsang politik, karakteristik pribadi, karakteristik sosial dan keadaan politik negara. Akhirnya, dengan motivasi yang sama antara sejumlah individu anggota kelompok, kesadaran untuk bekerja sama bagi tujuan yang hendak dicapai, dan pengaruh kehidupan kelompok, timbul suatu sense of belongingness yang mempunyai arti yang mendalam pada kehidupan informan. Maka memperkokoh sistem kelompok partai dan solidaritas antar anggotanya, khususnya di kalangan mahasiswa Universitas Airlangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Ant 27/06 Nur m
Uncontrolled Keywords: POLITICAL PERTICIPATION
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ4835-5490 International organizations and associations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
DINA NURFATIANI, 070016363UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLaurentius Dyson P., Prof.,Dr.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 28 Jul 2006 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 20:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18385
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item