DAMPAK PENGEMBANGAN NUKLIR CINA TERHADAP KONFLIK INDIA - PAKISTAN

CECILLIA DHARMAPUTRA, 070016384 (2006) DAMPAK PENGEMBANGAN NUKLIR CINA TERHADAP KONFLIK INDIA - PAKISTAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2006-dharmaputr-3053-fishi5-k.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-dharmaputr-3053-fishi5-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penelitian ini, untuk menjawab perumusan masalah mengenai apakah dampak perkembangan senjata nuklir Cina terhadap konflik India dan Pakistan digunakan deterrence, power, dan perkembangan nuklir untuk menjelaskan perilaku Cina, India dan Pakistan dalam usaha meningkatkan kemampuan persenjataan nuklir mereka. Penjelasan explanatory ini diuraikan dengan bantuan unit eksplanasinya adalah perkembangan senjata nuklir Cina dan dinamika konflik India dan Pakistan sebagai unit analisisnya. Jadi, apa pun yang dilakukan India dan Pakistan untuk menyelesaikan konflik terpengaruh karena adanya keterlibatan dan kepentingan Cina yang masuk dalam konflik tersebut. Dikembangkannya senjata nuklir Cina merupakan bagian dari deterrence Cina untuk menghadapi ancaman-ancaman negara nuklir (khususnya Amerika Serikat). Namun, sebagai akibat dari tindakannya tersebut, negara-negara disekitarnya mengkhawatirkan keamanan negara mereka, di antaranya adalah India, negara yang sempat berperang dengan Cina pada tahun 1962, setahun setelah perkembangan senjata nuklir Cina dimulai. Belum lagi, hubungan kedua negara tersebut diperburuk dengan terjadinya masalah Tibet. Perkembangan lebih lanjut dari hubungan Cina – India diperumit, hal ini disebabkan oleh bantuan perkembangan senjata nuklir Cina ke Pakistan, musuh India, sehingga menyebabkan power militer Pakistan meningkat. Peningkatan power Pakistan ini memicu peningkatan perkembangan nuklir India (yang sudah dimulai sejak kekalahannya terhadap Cina dalam perang perbatasan). Keadaan ini akhirnya menciptakan permasalahan baru dalam konflik India dan Pakistan yaitu perlombaan senjata nuklir. Kepekaan kedua negara terhadap masalah pengembangan nuklir memperparah hubungan keduanya. Hubungan India-Pakistan memanas dan konflikpun meningkat ke tahap perang seperti yang terjadi pada tahun 1999, satu-¬satunya perang setelah kepemilikan senjata nuklir India dan Pakistan, namun satu¬satunya perang menyeluruh yang terjadi di antara kedua negara dan berdampak luas ke dunia internasional, akibat kekhawatiran terjadinya perang nuklir. Meningkatnya konflik India dan Pakistan itu rnenunjukkan bahwa hipotesa tentang meningkatnya konflik India dan Pakistan merupakan dampak dari perkembangan nuklir Cina terbukti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI 57/06 Put d
Uncontrolled Keywords: NUCLEAR WEAPONS; CONFLICT MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1-9971 Electrical engineering. Electronics. Nuclear engineering
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
CECILLIA DHARMAPUTRA, 070016384UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSuhartatie Hidayat, Drs.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 30 Nov 2006 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 20:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18391
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item