ASPIRASI ORANGTUA TERHADAP PILIHAN SEKOLAH ANAK : Studi Eksplanatif: Pengaruh Status Ekonomi Sosial Keluarga terhadap Hubungan antara Kesadaran Orangtua tentang Arti Pendidikan Agama dan Aspirasi Pilihan Sekolah Anak pada Orangtua Siswa SMP Luqman AI-Haki

Oryza Pneumatica Inderasari, 070116571 (2006) ASPIRASI ORANGTUA TERHADAP PILIHAN SEKOLAH ANAK : Studi Eksplanatif: Pengaruh Status Ekonomi Sosial Keluarga terhadap Hubungan antara Kesadaran Orangtua tentang Arti Pendidikan Agama dan Aspirasi Pilihan Sekolah Anak pada Orangtua Siswa SMP Luqman AI-Haki. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2006-inderasari-3087-31_06ab-k.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Secara sosiologis orangtua mempunyai peranan sebagai pendidik bagi anak, tetapi seiring dengan semakin meningkatnya aktifitas sosial yang dilakukan orangtua di sektor publik menyebabkan orangtua tidak sepenuhnya melaksanakan perannya dengan baik. Sekolah unggulan sebagai fenomena sosial baru hadir dengan berbagai model dan tujuan pendidikan, seakan berusaha menjawab kegelisahan orangtua. Dari sekian macam jenis sekolah unggul yang ditawarkan ini, sekolah berbasis agama memperoleh animo besar dari masyarakat. Hal ini juga dipengaruhi atas kegelisahan orangtua terhadap ancaman pengaruh negatif masyarakat. Namun aspirasi orangtua terhadap pilihan sekolah anak itu tidak begitu raja dapat terpenuhi mengingat mahalnya biaya pendidikan yang ditawarkan oleh sekolah. Hal ini menarik perhatian penulis untuk meneliti apakah ada hubungan antara kesadaran orangtua tentang arti pendidikan agama dan aspirasi orangtua terhadap pilihan sekolah anak anak, selain itu akan dilihat `apakah ada pengaruh status ekonomi sosial keluarga terhadap hubungan antara kesadaran orangtua tentang arti pendidikan agama dan aspirasi orangtua terhadap pilihan sekolah anak'. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori religiusitas dari Glock dan Stark. serta bantuan analisis dengan menggunakan hasil penelitian terdahulu dari Coleman dkk tentang aspirasi orangtua terhadap pendidikan anak. Juga penelitian dari Kartika dan Hepi yang berjudul "Jenis Sekolah dan Religiusitas". Penelitian ini menggunakan tipe eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah responden 50 orangtua siswa dari SMP Luqman Al Hakim Pondok Pesantren Hidayatullah, Surabaya. Analisa data menggunakan korelasi Kendall Tau untuk melihat korelasi yang terjadi. Hasil yang diperoleh adalah terdapat hubungan antara kesadaran orangtua tentang arti pendidikan agama dan aspirasi orangtua terhadap pilihan sekolah anak. Pada hipotesis kedua diperoleh jawaban bahwa ada pengaruh dari status ekonomi sosial keluarga terhadap hubungan antara kesadaran orangtua tentang arti pendidikan agama dan aspirasi orangtua terhadap pilihan sekolah anak. Selain itu temuan lain, juga didapatkan kecenderungan tingkat perhatian orangtua terhadap anak yang cukup rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S 31/06 Ind a
Uncontrolled Keywords: STUDY - WORK PLAN
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA11-14 Study and Teaching, Research
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Oryza Pneumatica Inderasari, 070116571UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMusta'in Mashud, Dr.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 04 Dec 2006 12:00
Last Modified: 11 Oct 2017 20:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18393
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item