ADAPTASI SOSIAL ANAK: Studi Eksplanasi tentang Pengaruh Sistem Pembelajaran di Sekolah terhadap Adaptasi Anak di Rumah dan lingkungan Tempat Tinggal di R.A.Al-Irsyad Al-Islamiyyah dan Tk Plus Rahmat Kediri

Ana Nurhayati, 070116439 (2006) ADAPTASI SOSIAL ANAK: Studi Eksplanasi tentang Pengaruh Sistem Pembelajaran di Sekolah terhadap Adaptasi Anak di Rumah dan lingkungan Tempat Tinggal di R.A.Al-Irsyad Al-Islamiyyah dan Tk Plus Rahmat Kediri. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2006-nurhayatia-3089-29_06ab-k.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
gdlhub-gdl-s1-2006-nurhayatia-3089-fiss29-6.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-nurhayatia-3089-fiss29-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sekolah merupakan salah satu tempat untuk beradaptasi selain dalam keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya. Di sekolah, anak beradaptasi dengan teman dan para pengajarnya. Bagi anak yang bersekolah di TK biasa, waktu yang digunakan untuk beradaptasi di sekolah lebih sedikit, tetapi waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan bersosialisasi dengan lingkungannya lebih banyak dibandingkan anak-anak yang bersekolah di TK Full Days School. Hal ini dikarenakan anak yang sekolah di TK full days school menghabiskan waktunya di sekolah. Perbedaan model pembelajaran ini lah yang mengakibatkan perbedaan sistem pembelajaran di kedua taman kanak-kanak dan mempengaruhi adaptasi sosial anak di rumah dan lingkungan tempat tinggalnya. Penulis tertarik dan ingin melihat apakah ada perbedaan sistem pembelajaran pada kedua model taman kanak-kanak, dan bagaimana pengaruhnya terhadap adaptasi sosial anak di rumah dan lingkungan tempat tinggalnya. Teori yang digunakan adalah teori pengembangan diri manusia dari George Herbert Mead, teori konsep diri dari Charles H.Cooley, teori sosialisasi dari Berger dan teori interaksi dari Edward T.Hall. Tipe penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian survei. Lokasi penelitian dilakukan di R.A. Al-Irsyad Al-Islamiyyah dan TK Plus Rahmat. Teknik pengambilan sampel nenggunakan systematic random sampling dengan jumlah responden 50 siswa dari tiap sekolah. Analis data menggunakan korelasi Kendall Tau untuk melihat korelasi yang terjadi. Hasil yang diperoleh adalah sistem pembelajaran di kedua taman kanak¬kanak ternyata berbeda. Perbedaan ini terletak pada tingkat SES orang tua, model pembelajaran dan metode pembelajarannya, di mana anak tidak hanya belajar dalam satu ruangan saja tapi juga di tempat-tempat lain sesuai dengan tema yang dibahas. Sistem pembelajaran TK non full days school ternyata tidak berpengaruh pada adaptasi anak di rumah dan lingkungan tempat tinggalnya, sedangkan di full days school berpengaruh pada adaptasi anak di lingkungan tempat tinggal tapi tidak mempengaruhi adaptasi anak di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S 29/06 Nur a
Uncontrolled Keywords: SOCIAL ADJUSTMENT
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
Q Science > QA Mathematics > QA11-14 Study and Teaching, Research
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Ana Nurhayati, 070116439UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSutinah, Dra.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 04 Dec 2006 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 20:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18395
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item