STRATEGI ADAPTASI WARIA DALAM MELAKSANAKAN AKTIVITAS KEAGAMAAN

SHERLYANA ELISABETH AMALO, 079815629 (2006) STRATEGI ADAPTASI WARIA DALAM MELAKSANAKAN AKTIVITAS KEAGAMAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2007-amalosherl-4481-fisant-k.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-amalosherl-4481-fisant-w.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap kehidupan waria yang identik dengan pelacuran yang biasa sering kita lihat di jalan Irian Barat. Fenomena ini semakin menarik bila waria yang dianggap identik dengan pelacuran ini dikaitkan dengan kehidupan beragama. Permasalahan yang diungkapkan meliputi: pertama, apa yang menjadi kendala waria dalam melaksanakan aktivitas keagamaan? Kedua, apa strategi yang dilakukan waria dalam melaksanakan aktivitas keagamaan? Adapun Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan dan penganalisaan pengalaman hidup seseorang. Mempunyai cirri-ciri penelitian dalam bentuk kata-kata atau gambar Data ini meliputi transkrip, wawancara, buku harian informan, catatan lapangan, foto, rekaman kaset dan data kepustakaan yang terkait. Penelitian ini dilakukan di Persekutuan Hidup Damai dan Kudus Surabaya dan di Gereja Bethany Surabaya, karena di kedua tempat ini banyak ditemukan waria yang sedang melakukan aktivitas keagamaan. Berdasarkan temuan data dari lokasi penelitian dan hasil analisa, maka diperoleh kesimpulan bahwa waria dalam pengalamannya beribadah memiliki banyak kendala dari lingkungan umat beragama. Karena waria dianggap identik dengan pelacuran, perilaku dan cara berdandan di Gereja menimbulkan konflik dengan anggota jemaat Gereja. Akibatnya waria melakukan strategi dengan berpindah agama, mengubah cara dandanan, bernegosiasi dengan pihak gereja, meninggalkan Pelacuran. namun dalam hal ini Bethany memberikan toleransi yaitu dengan mengizinkan waria mengikuti ibadah tanpa harus menyembunyikan identitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FIS. ANT 19/07 Amo s
Uncontrolled Keywords: WARIA DALAM MELAKSANAKAN AKTIVITAS KEAGAMAAN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL1225.2-1243.58 Religious Life
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV6001-7220.5 Criminology > HV6251-6773.55 Crimes and offenses
K Law > K Law (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
SHERLYANA ELISABETH AMALO, 079815629UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYusuf Ernawan, Drs.,M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 02 May 2007 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 20:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18399
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item