PENGARUH REPUTASI PENULIS DAN KUANTITAS EWOM POSITIF PADA REVIEW BUKU DI FORUM BUKU KASKUS.CO.ID TERHADAP NIAT BELI DAN SIKAP TERHADAP MEREK

CHUSNUL NURMALASARI, 040811266 (2013) PENGARUH REPUTASI PENULIS DAN KUANTITAS EWOM POSITIF PADA REVIEW BUKU DI FORUM BUKU KASKUS.CO.ID TERHADAP NIAT BELI DAN SIKAP TERHADAP MEREK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-nurmalasar-26737-5.abstr-k.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengembangan IT (Information and Technology), khususnya internet memberikan kesempatan yang lebih luas bagi konsumen untuk mencari informasi pra-pembelian tentang produk yang mereka inginkan. Mereka bisa mencarinya di website resmi atau di situs lain seperti komunitas virtual (sering disebut forum) yang tersebar di dunia maya. Informasi yang ditemukan di komunitas virtual cukup banyak dan beragam, konsumen sering menemukan tidak hanya informasi positif namun informasi yang negatif juga. Penelitian sebelumnya ditemukan bahwa konsumen menggunakan jumlah/kuantitas komentar sebagai indikator untuk menilai informasi yang terkandung dalam posting yang kredibel atau tidak O'Reilly dan Marx, 2011). Penelitian ini menggunakan buku sebagai obyek penelitian dan mengembangkan kuantitas eWOM yang berbeda dan menggunakan reputasi penulis yang juga berbeda. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap praktisi, terutama yang berhubungan dengan buku. Menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2 (reputasi penulis = tinggi dan rendah) x2 (eWOM kuantitas = banyak dan sedikit), penelitian ini diikuti oleh 120 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga. Hasil analisis menunjukkan bahwa konsumen memiliki kedua sikap yang lebih tinggi terhadap merek dan niat beli yang lebih tinggi ketika reputasi penulis dipersepsikan adalah tinggi, sedangkan dalam hal eWOM, niat beli lebih tinggi bila jumlah / kuantitas komentar juga tinggi. Penelitian ini tidak menemukan adanya interaksi antara dua (reputasi penulis - kuantitas eWOM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.137/13 Nur p
Uncontrolled Keywords: KOMUNITAS VIRTUAL
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
CHUSNUL NURMALASARI, 040811266UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBAdri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 02 Sep 2013 12:00
Last Modified: 19 Aug 2016 07:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1840
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item