UPAYA-UPAYA PEMERINTAHAN CHEN SHUI BIAN DALAM MENGHAMBAT CINA MEREINTEGRASIKAN TAIWAN (MARET 2000-MARET 2004)

DEWI NINA KIRANA, 070316870 (2007) UPAYA-UPAYA PEMERINTAHAN CHEN SHUI BIAN DALAM MENGHAMBAT CINA MEREINTEGRASIKAN TAIWAN (MARET 2000-MARET 2004). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2007-kiranadewi-5481-fishi2-k.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-kiranadewi-5481-fishi2-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul "Upaya-Upaya Pemerintahan Chen Shui Bian Dalam Menghambat Cina mereintegrasikan Taiwan(Maret 2000-Maret2004)". Duduknya Chen Shui Bian dalam kursi pemerintahan Taiwan, menimbulkan kekhawatiran banyak pihak terutama Cina. Hal tersebut dikarenakan Chen Shui Bian merupakan ketua dari DPP (Partai Demokratik Progresif) yang telah menjadi musuh Cina sekian lama dalam proses reintegrasi. Dengan ini, Taiwan yang semasa pemerintahan Chen Shui Bian menjadi semakin enggan untuk melaksanakan proses reintegrasi dengan Cina menjadi latar belakang bagi diangkatnya rumusan masalah yang ingin dijawab oleh penelitian ini, yaitu: apa saja upaya-upaya pemerintahan Chen Shui Bian dalam menghambat Cina mereintegrasikan Taiwan dalam rentan waktu Maret 2000 hingga Maret 2004? Penentuan rentan waktu ini didasarkan pada awal dimulainya masa pemerintahan Chen Shui Bian yang Pertama diawali pada Maret 2000 dan berakhir pada maret 2004. Penelitian yang bersifat deskriptif ini bertujuan untuk memberikan memberikan pengetahuan baru yang lebih terfokus dan mendetail tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintahan Chen Shui Bian dalam menghambat Cina merintegrasikan Taiwan dalam rentang waktu yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini, penulis mengkonseptualisasikan reintegrasi. Sedangkan kerangka pemiikiran yang digunakan adalah temuan-temuan data yang diperoleh dalam penelitian. Temuan-temuan data tersebut berupa data-data tentang apa saja upava-upava pemerintahan Chen Shui Bian dalam menghambat langkah Cina mereintegrasikan Taiwan. Upaya yang dilakukan pemerintahan Chen Shui Bian ini diupayakan secara internal dan eksternal. Secara internal, pemerintahan Chen Shui Bian menggunakan konsolidasi demokrasi dan nasionalisme. Sedangkan secara eksternal, pemerintahan Chen Shui Bian mengupayakan diplomasi untuk menghambat langkah Cina mereintegrasikan Taiwan. Konsolidasi demokrasi dilaksanakan melalui bentuk referendum. Sedangkan pemerintahan Chen Shui Bian menggunakan nasionalisme untuk mengupayakan nation building di Taiwan dengan menunjukkan identitas nasional Taiwan, hak penentuan nasib sendiri dan membangun sentimen kebangsaan terhadap Cina. Untuk upaya yang dilakukan oleh pemerintahan Chen Shui Bian secara eksternal berupa diplomasi untuk meraih pengakuan dari komunitas internasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. HI 26/07 Rut s
Uncontrolled Keywords: Referendum, nation-building, diplomasi
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
DEWI NINA KIRANA, 070316870UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI.G. Wahyu Wicaksana, SIP.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 22 Nov 2007 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 16:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18404
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item