REPRESENTASI IDENTITAS PEREMPUAN DALAM NOVEL "BIRU" KARYA FIRA BASUKI

ARIANNE NINDYA RASTRI, 070316839 (2007) REPRESENTASI IDENTITAS PEREMPUAN DALAM NOVEL "BIRU" KARYA FIRA BASUKI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2007-rastriaria-5637-fisk44-k.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-rastriaria-5637-fisk44-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kenyataan menunjukkan bahwa novel Indonesia modern selama ini lebih banyak diteliti sebagai karya sastra daripada sebagai sebuah teks fiksi yang di dalamnya dapat mengandung pesan-pesan tertentu karena novel merupakan wadah bagi para penulis untuk menyampaikan pesan-pesannya atau bahkan ideologinya kepada para pembaca. Pesan-pesan yang disampaikan itupun semakin berperan untuk menampilkan peristiwa-peristiwa kehidupan masyarakat yang realistis. Penelitian ini menggunakan metode semiotik diskursif dan sifat penelitian studi eksploratif, karena kajian semacam ini memungkinkan membaca gambaran realitas masyarakat lewat representasi signs & symbols dalam teks novel "Biru" karya Fira Basuki dengan menghubungkan antara teks (produksi teks) dengan konteks novelis. Dimana pada saat itu banyak bermunculan pengarang-pengarang perempuan lainnya dengan tema cerita yang tak kalah menarik. Kebanyakan novel-novel dengan pengarang perempuan lebih banyak menampilkan perempuan dari sisi kehidupan seksualnya. Namun tidak demikian dengan novel "Biru" karya Fira Basuki yang menjadi objek penelitian ini. Novel ini sarat dengan ekspresi atau penggambaran tentang perempuan dengan berbagai latar belakang mereka. Inilah yang menjadi titik perhatian dalam penelitian ini. Dengan menggunakan discourse milik Teun Van Dijk maka dapat menghubungkan analisis tekstual, yang memusatkan perhatian hanya pada teks, ke arah analisis diskursif yang komprehensif yaitu bagaimana teks diproduksi. Dari penelitian yang telah dilakukan, kesimpulannya adalah representasi identitas perempuan dapat berdasar pada simbol-sirnbol yang dipakai, barang-barang yang dikenakan, dan aktivitas-aktivitAs yang dilakukan, terutama aktivitas-aktivitas yang sedang populer pada suatu masa tertentu. Representasi identitas pada akhirnya akan membentuk gambaran khusus perempuan Indonesia saat ini dan tentu saja dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain lingkungan sekitar, media massa, serta keluarga. Hal ini terutama dapat diamati dari karakter-karakter yang terdapat dalam novel "Biru" ini dan topik yang diangkat berkaitan dengan karakter tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 44/07 Ras r
Uncontrolled Keywords: IDENTITAS PEREMPUAN
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
ARIANNE NINDYA RASTRI, 070316839UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRachmah Ida, Dra.,MA.,PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 14 Dec 2007 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 16:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18413
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item