STRATEGI POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) DALAM MEMPENGARUHI DINAMIKA POLITIK NASIONAL DI ERA REFORMASI

Yusup Effendi, 070417325 (2008) STRATEGI POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) DALAM MEMPENGARUHI DINAMIKA POLITIK NASIONAL DI ERA REFORMASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2009-effendiyus-10027-fisp20-k.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-effendiyus-8641-fisp20-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Transisi politik menuju demokratisasi di Indonesia telah memberikan kesempatan besar bagi Partai Keadilan Sejahtera untuk turut menentukan masa depan pemerintahan Republik Indonesia. Momentum Pemilihan Umum legislatif maupun presiden dan wakil presiden tidak pernah disia-siakan PKS. Seluruh kader memobilisasi sumber daya yang ada, baik di kalangan mahasiswa, profesional, akademisi (guru dan dosen), birokrat, pengusaha, petani, nelayan, dan lain-lain untuk mendulang suara PKS vang mencapai 20 persen di Pemilu 2009 nanti. Untuk itu, penelitian ini menitikberatkan pada pembangunan strategi politik PKS di era reformasi dan faktor-faktor yang mendorong perumusan kebijakan politiknya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh PKS dalam dinamika perpolitikan nasional di era reformasi. Jenis penilitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya diperoleh dari sumber-sumber sekunder, antara lain: buku-buku yang menjadikan PKS sebagai pokok bahasan, media massa, doku;nen-dokumen PKS yang telah dibukukan yang berisi AD/ART, Faisafah Dasar Perjuangan, dan Platform Kebyakan Pembangunan (Politik) PKS. Untuk itu, penelitian ini dilakukan Penulis di kota Surabaya. Dari hasil penelitian ini, Penulis berkesimpulan bahwa PKS masuk dalam kategori kelompok yang mengakui adanya perbedaan antara Islam clan demokrasi. Namun, mereka menyetujui adanya prinsip-prinsip demokrasi dalam Islam¬yakni berangkat dari doktrin -kedaulatan Tuhan dalam bentuk syari'ah (hukum Tuhan) yang membatasi kedaulatan rakyat dan merupakan partai berbasis massa (religius fundamentalis). PKS membangun strategi politiknya melalui: Grand-strategy dakwah, yakni (1) gerakan kultural (strategi mobilisasi horizontal/ tabi'ah al afagiyah); dan (2) gerakan struktural (strategi mobilisasi vertikal/ tabi'ah al-amudiyah), Platform KPbijakat, Pembangunan PKS. khususnya dibidang politik yang menggambarkan secara rinci rencana-rencana PKS dalam berbagai aspek pemerintahan, dan langkah-langkah konkret yang berkaitan dengan implementasi kebijakan politik PKS di lembaga-lembaga legislatif maupun eksekutif. Serta, faktor-faktor yang mendorong perumusan kebijakan politik PKS tidak lain adalah tahapan/fase dakwah dan platform politik PKS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P. 20/08 Eff s
Uncontrolled Keywords: STRATEGI POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS); DINAMIKA POLITIK NASIONAL
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2340.8-2346.5 Small and medium-sized businesses, artisans,handicrafts, trades
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6958.5-6976 Industrial relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
Yusup Effendi, 070417325UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAirlangga Pribadi, S.iP.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 28 Jan 2009 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 16:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18422
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item