Dunia Anak Tuna Grahita STUDI DESKRIPTIF TENTANG SOSIALISASI ANAK-ANAK PENYANDANG TUNA GRAHITA DI PIA MATAHARI

Fabiola, 070016195 (2008) Dunia Anak Tuna Grahita STUDI DESKRIPTIF TENTANG SOSIALISASI ANAK-ANAK PENYANDANG TUNA GRAHITA DI PIA MATAHARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-fabiola-9414-fiss40-k.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-fabiola-8661-fiss40-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Panti asuhan merupakan lembaga pengasuhan alternatif yang melanjutkan 2 dari 3 fungsi keluarga yang tidak dilakukan oleh keluarga biologis anak yang ditelantarkan. Yaitu fungsi afeksi dan fungsi sosialisasi. Anak terlantar karena berbagai macam faktor yang melatarbelakanginya, antara lain cacat. Sosialisasi dilakukan lewat proses interaksi antara pengasuh dengan anak, dengan tujuan menanamkan nilai-nilai dan kebiasaan yang ada dalam masyarakat agar anak diterima sebagai anggota masyarakat. Panti asuhan PIA hanya menerima anak yang diketahui keberadaan anggota keluarga dan juga dari instansi terkait seperti rumah sakit. Rumusan penelitian yang akan dijawab dalam penelitian ini yaitu bagaimana pendekatan sosialisai yang dilakukan pengasuh terhadap ana-anak tunagrahita di panti asuhan PIA Matahari Terbit. Penelitian ini menggunakanpendekatan lualitatif denagn dengan teknik pengumpulan data secara Snowball dimana informan berikutnya ditentukan berdasarkan rekomendasi dari informan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan teori G.H. Mead tentang pembentukan pemikiran individu oleh masyarakat , teori Goffman tentang institusi total dan teori sosialisasi dalam keluarga mengenai belajar, penyesuaian diri dengan lingkunag serta pengalaman mental. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa pendekatan sosialisasi yang dilakukan oleh pengasuh terhadap anak tunagrahita tidak berbeda dengan anak yang normal pada usia yang sama. Pendekatan sosilisasi di dalam panti dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti bermain, belajar, makan, tidur, dan buang air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S.40/08 Fab d
Uncontrolled Keywords: Tuna grahita, sosialisasi, anak terlantar , pengasuh, dan panti asuhan
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1140-1140.5 Preschool education. Nursery schools
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Fabiola, 070016195UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBagong Suyanto, Drs.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 29 Jan 2009 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 17:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18428
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item