Promosi Bus Pariwisata oleh Biro Perjalanan Wisata (Studi Deskriptif tentang Promosi armada bus pariwisata oleh PT. Soelindo Travel)

NUR’AINI, 070902015 (2013) Promosi Bus Pariwisata oleh Biro Perjalanan Wisata (Studi Deskriptif tentang Promosi armada bus pariwisata oleh PT. Soelindo Travel). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-nuraini-25834-7.abst-k.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
F4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada umumnya perusahaan jasa memberikan pelayanan yang terkait dengan jasa atau tenaga Sumber Daya Manusia (SDM). Perusahaan jasa yang terkait dengan dunia pariwisata antara lain Tour and Travel, Hotel, Restauran dan Transportasi. Segala macam bidang jasa yang ditawarkan terkait dengan pelayanan yang diberikan antara perusahaan dengan konsumen yang menggunakan jasa perusahaan tersebut. Dengan hubungan timbal balik yang terjalin maka membangun satu hubungan kerjasama yang baik antar keduanya. Jasa yang ditawarkan di bidang pariwisata merupakan pelayanan prima yang dibutuhkan oleh konsumen yang akan melakukan perjalanan wisata. Industri pariwisata merupakan industri yang bergerak di bidang jasa dengan pemberian berbagai layanan guna memberikan kemudahan kepada konsumen dalam rangka kegiatan perjalanannya. Berbagai macam layanan dibutuhkan seperti paket wisata, transportasi, akomodasi, jasa boga dan obyek wisata. Dalam penelitian ini membahas tentang salah satu komponen wisata yaitu transportasi. Transportasi terdiri dari tiga elemen yaitu darat, laut dan udara dimana masing-masing elemen mempunyai alat transportasi (the carrying unit) yang dimanfaatkan seperti darat dengan mobil, bus, kereta dan laut dengan kapal serta udara dengan pesawat. Kegiatan kerja perusahaan jasa sangat terkait dengan pemberian pelayanan dan tidak terlepas pula pada perusahaan jasa transportasi. Dalam armada bus terdapat hal yang sangat kompleks terkait dengan pelayanan yaitu kondisi interior dan eksterior bus yang akan ditawarkan kepada konsumen. Hal tersebut sangat mempengaruhi keselamatan (safety) dan kenyamanan (convenience) pelanggan. Dengan demikian banyak hal yang diperhatikan guna membentuk identitas perusahaan melalui armada bus yang ditawarkan. Dengan mencapai langkah-langkah pengenalan yang diterapkan manajemen dirasa mampu membantu mengenalkan armada bus tersebut dengan mudah. Pemilihan sarana bus sebagai salah satu komponen pariwisata harus dilakukan secara seksama. Banyak faktor yang perlu diidentifikasi agar memperoleh kepuasan dari pihak wisatawan. Unsur-unsur yang perlu diinventarisasi sebagai bahan pertimbangan dalam menyewa bus adalah unsur armada bus yang meliputi fasilitas bus, pelayanan perusahaan dan kru bus. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang promosi yang dipilih oleh PT Soelindo Travel yakni melalui media website di internet sebagai pendatang baru di dunia pariwisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menetapkan informan untuk memperoleh jawaban atas permasalahan yang diangkat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan penggunaan bahan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh PT Soelindo Travel berjalan cukup berhasil dalam memperkenalkan perusahaan di mata para konsumen atau wisatawan

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.PW.06/13 Nur p
Uncontrolled Keywords: PROMOTION, BUS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5601-5725 Automotive transportation Including trucking, bus lines, and taxicab service
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NUR’AINI, 070902015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEdwin Fiatiano, S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 23 Jul 2013 12:00
Last Modified: 10 Oct 2016 00:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18455
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item